Buol, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Guna memudahkan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten (Dukcapil) Buol melakukan pelayanan secara langsung pada 10 wilayah kecamatan yang tersebar dengan menggunakan jaringan M2M.

Irwanto Karim, SE, MSi (kanan berkemeja putih).

“Jadi, melalui jaringan M2M, penerbitan dokumen kependudukan kamu bisa menginput dan mencetak ditempat. Dan layanan langsung ini untuk pertama kali kami lakukan di Kabupaten Buol tahun 2022. Dengan motto Dukcapil Menyapa Masyarakat,” ujar Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Irwanto Karim, SE, M.Si kepada CBN baru-baru ini.

Dikatakan, kegiatan pelayanan langsung yang berakhir 30 September 2022 kemarin, dilaksanakan selama 9 hari kerja. Melibatkan 3 tim. Mengacu pada target nasional untuk semua jenis dokumen kependudukan. Antara lain, Kartu Identitas Anak ( KIA), KK, Akte Lahir, KTP, akte kematian serta pindah antar desa dan Kecamatan. “Jadi itu urutannya,” jelas Irwanto.

Adapun realisasi target yang dicapai dalam pelayanan langsung itu, yakni dokumen KIA, Akte Lahir, dan KTP masing masing sebanyak 100 lembar. Dan Akte Kamatian 85, juga pindah penduduk sebanyak 75 lembar.

Suasana pelayanan “Dukcapil Buol Menyapa Masyarakat”.

Kegiatan pelayanan tersebut menurut Irwanto, dirangkaikan oula dengan kegiatan sosialisasi Permen 73 tahun 2022 tentang penulisan nama gelar serta tanda baca di dalam dokumen kependudukan.

Ia berharap, untuk program pelayanan penerbitan dokumen secara langsung kepada masyarakat, tahun 2023 dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai target dan kemampuan anggaran APBD yang tersedia.* sul

Share :