screenshot 20240809 092726 1

Foto atas : Kadis PUPR Kotabaru Suprapti Tri Astuti – Bawah : Jalan protokol yang sudah jadi “langgana banjir”

screenshot 20240809 085710 1
screenshot 1

Kotabaru, Kalsel –
Cakrabhayangkaranews.
com (CBN) – Jalan raya protkol di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Timur (Kaltim), sering menjadi sasaran rendaman air. Ini akibat drainase mampet, hingga mengakibatkan beberara titik di jalan pusat perkotaan Kabupaten Kotabaru, mengalami kebanjiran.

Keluhan masyarakat ini disampaikan dan kini mendapat tanggapan positif dari Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (PUPR) Kabupaten Kotabaru Suprapti Tri Astuti.

Rabu 7-08-2024, Suprapti Tri Astuti menggelar jumpa pers bersama Gapensi Kotabaru.

Kadis PUPR mengatakan, salah satu aspek yang membuat terjadinya genangan air, karena banyak rumah yang dibangun di atas sungai. Selain itu, adanya pasang air laut yang juga juga kadang bersamaan dengan air gunung dan hujan lebat sehingga sulit dibendung. “Namun masih ada solusi terkait itu,” ucapnya.

Lanjut Kepala Dinas PUPR , terkait permasalahan ini, akan dibuat master plan banjir perkotaan untuk memecahkan masalah. Apalagi sejumlah titik yang mengalami kebanjiran, sebagian besar adalah jalan nasional sehingga perlu keterlibatan dari Provinsi dan Balai jalan Nasional.untum turun tangan. “Inilah yang membuat Dinas PUPR belum bisa ambil tindakan lebih jauh, selain melakukan perawatan dan pembersihan,” jelas Tuti.

Kadus PUPR Kotabaru Suprapti Tri Astuti mendapat arahan dari Bupati Kotabaru agar jalan dari Pal 1 sampai desa Sebelimbingan ini, diserahkan saja, agar lebih mudah perbaikannya. Sebab, selama masih bukan kewenangan Pemerintah Daerah, maka akan lambat penanganannya,” kata Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar Al-Idrus SH.

Lanjut Tuti lagi, arahan dari Bupati itu, kalau itu diserahkan ke PUPR Kotabaru, maka Dinas akan carikan solusinya. Agar tidak lagi menjadi keluhan masyarakat dan banjir bisa teratasi.
“Sementara titik yang dimaksud adalah jalan dari desa Sebelimbingan hingga Tugu Nelayan Kotabaru, ” jelas Kadis PUPR Kotabaru.* syf

Share :