kukar 8

Cakra Bhayangkara News KUKAR – Kasat Intelkam Polres Kukar AKP Andy Wahyudi menghadiri Silaturahmi bersama Tokoh Masyarakat Dayak Kaltim, yang berlangsung pada Sabtu (7/9/2024) malam.

Kegiatan itu dihadiri langsung Direktur Intelkam Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Agus Sutrisno. Bertempat di Wisata Aladin, Samarinda Seberang, dengan tujuan menjaga dan memperkuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Kaltim.

Silaturahmi ini dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat Dayak, di antaranya Syaharie Jaang, selaku Ketua Umum Persatuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT), Rudi Sulistio (Wakil Ketua PDKT Kaltim), FX Frans Apui, ST, SH (Sekjen Lembaga Pengembangan Adat Dayak Kaltim), serta Hendrik Tandoh, SH., MH (Ketua Dewan Adat Dayak Kota Samarinda).

Turut hadir juga Ketua Pegawaq Kenyah Kaltim, Jhonatan Inphil serta sejumlah perwakilan dari kepolisian, termasuk Kasat Intelkam Polres Kutai Kartanegara, AKP Andy Wahyudi.

Dalam pertemuan tersebut, Kombes Pol Agus Sutrisno menyampaikan beberapa poin penting terkait upaya menjaga kamtibmas di Kalimantan Timur. Ia menggarisbawahi pentingnya silaturahmi sebagai bentuk “cooling system” untuk mencegah potensi gangguan dan menjaga keamanan, terutama dalam situasi yang berkaitan dengan permasalahan hukum adat.

Salah satu isu yang dibahas adalah perselisihan antara Tim Penuntut Hukum Adat dengan PT Budiduta Agromakmur (BDAM) di Kelurahan Jahab, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kombes Pol Agus mengimbau para tokoh adat untuk tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan situasi ini. Ia juga meminta agar masyarakat adat berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menjaga stabilitas kamtibmas.

Para tokoh adat yang hadir menyatakan komitmennya untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kalimantan Timur, serta bertanggung jawab dalam penyelesaian masalah antara masyarakat adat dengan PT BDAM. Mereka juga berharap agar pihak kepolisian dapat membantu dalam mencari solusi atas konflik yang terjadi.(Montana)

Share :