Pasuruan, CBN – Sebuah kebakaran melanda lahan kosong milik warga di Dusun Ketapan, Rt 03/ Rw 08, Ds. Pekoren, Kec. Rembang, Kab. Pasuruan, Kamis Sore (05/10/2023).

Diduga, kebakaran ini disebabkan oleh api puntung rokok yang tidak sengaja dibuang oleh orang yang tidak diketahui, sehingga mengakibatkan kebakaran lahan.

Kebakaran lahan yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB ini, pertama kali diketahui oleh Ibu Yuli (36 Th), di mana, rumah Beliau berdekatan dengan tempat terjadinya kebakaran lahan kosong milik warga Kecamatan Bangil, yang belum diketahui identitasnya.

img 20231006 wa0030

Mengetahui hal ini, Koptu Untung, selaku Babinsa Koramil 12 Rembang, yang sedang melaksanakan piket, langsung mendatangi lokasi kebakaran dan segera berkoordinasi dengan pemadam kebakaran dari Kab. Pasuruan yang sebelumnya sudah dihubungi warga.

Tak lama kemudian, 2 unit mobil PMK (Damkar) dari Kab. Pasuruan tiba di lokasi, untuk segera memadamkan api, agar tidak merembet ke tempat yang lainnya. 

Koptu Untung, selaku Babinsa Koramil 12 Rembang, yang datang di lokasi, langsung bergegas membantu anggota Damkar, untuk memadamkan api bersama Bhabinkamtibmas Polsek Rembang, dengan dibantu warga yang saat itu berada di lokasi. Sehingga, api berhasil dipadamkan. Beruntung, dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa.

img 20231006 wa0032

Lebih lanjut, dengan kejadian ini, Koptu Untung berharap, agar masyarakat selalu waspada, apalagi sekarang musim kemarau dan cuaca sangat panas, sekecil apapun kelalaian yang diperbuat, baik disengaja ataupun tidak, akan berakibat fatal bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Beliau juga berkata, “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar selalu berhati-hati, tidak membuang putung rokok sembarangan terutama di rumput dan semak belukar, sehingga kejadian ini tidak terulang lagi. Tetap waspada dan selalu berkoordinasi, sehingga permasalahan apa pun yang terjadi, dapat segera diatasi dan diselesaikan,” pungkasnya.

R.A – CBN

Share :