screenshot 20231104 200711 1

Kades Bumi Asih Kecamatan Kelumpang Selatan Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) Suwono dalam kata sambutannya mengatakan, ibu-ibu sebagai peserta latihan agar dapat mengikuti materi yang diberikan oleh narasumber atau tim instruktur dengan baik. Tujuannya adalah karena, ilmu pelatihan yang khusus ini, agar bisa bermanfaat kepada ibu-ibu sebagai peserta latihan. “Usai pelatihan ini ibu-ibu sangat diharapkan mampu menambah dan memiliki ilmu keterampilan yang berkelanjutan. Pelatihan yang difasilitasi oleh desa ini sebagai bahan dasar untuk pertumbuhan ekonomi di desa kita ini pada khususnya.” jelas Kades Bumi Asih, Suwono.

Dalam waktu dan tempat yang sama, Plt. Kasi PMD Kecamatan Kelumpang Selatan, Abdul Sahid, S.Ap. juga mengatakan, hendaknya materi yang diberikan oleh tim insturuktur atau narasumber dapat menjadi modal dasar dan modal usaha bagi ibu-ibu dalam membantu untuk mening katkan pertumbuhan ekonomi keluarga,” kata Abdul Sahid.

Camat Kelumpang Selatan telah menyampaikan dalam kata sambutannya, pelatihan ini selain fisik, dana desa juga wajib melaksanakan pemberdayaan, pelatihan, produksi keterampilan pengolahan kain Sasirangan dan dapat dikembangkan. “Khususnya, dalam wilayah Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru kedepannya,” imbau Camat.

Lanjut Camat Kelumpang Selatan, kedepannya Pemerintah Kecamatan Kelumpang Selatan berupaya dan berusaha ikut meciptakan pangsa pasar hasil produksi Kain Sasirangan dari ibu-ibu, yang jelas diarahkan kepada seragam para pelajar atau para siswa-siswi, SD, SMP, SMA, SMKN, dan sede rajat. “Juga, kepada organisasi kemasyarakatan dan kelompok pengajian atau tim Kontengin MTQ disetiap tahun penyelenggaraan
nya,” jelas Camat penuh semangat.

Camat melajutkan, instruktur atau narasumber pelatihan ini, sengaja diambil dari tim penggerak PKK dari Desa Sungai Nipah yang sudah berpengalaman (profesional). “Khusus produksi Kain Sasirangan, Risda Nurjannah,” tutup Camat.* syf

Share :