Sidoarjo, CBN – Pada hari Sabtu, (05/08/2023), Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Jawa Timur, yakni M. Sarmuji, memberikan peringatan keras kepada para kadernya sebagai persiapan menjelang Pemilu 2024.

“Saya harap, tidak ada kanibalisme internal antarcaleg. Kanibalisme yang saya maksud ini adalah, jangan sampai ada persaingan di tingkat caleg Golkar, apa lagi, jika para kader saling mencuri suara,” ujarnya di sela pelepasan caleg Partai Golkar Jatim, di Sidoarjo.

Beliau, dalam kesempatannya, mengakui bahwa, pelaksanaan Pemilu yang menggunakan sistem proporsional terbuka, memang berpotensi menyebabkan persaingan, terutama terhadap caleg yang berasal dari partai yang sama. Apa lagi, hal-hal yang tidak diinginkan seperti “makan” suara teman sendiri, kemungkinan bisa terjadi di antara para caleg.

Namun, menurutnya, semua itu bisa dihindari dengan melakukan kesepahaman, serta komunikasi yang baik antarcaleg. Tak hanya itu, Wakil Ketua Komisi VI DRP RI tersebut, meminta para caleg untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan tidak saling merusak acara yang ada, demi tercapainya kegiatan Pemilu 2024, yang aman dan damai.

Tak hanya itu, Sarmuji juga menghimbau para caleg untuk memiliki strategi dan jaringan sendiri, karena, hal itu secara  otomatis dapat memperluas basis Golkar.

“Jika konstituen dirawat. Maka, tidak akan ada yang saling bersinggungan. Saya harap, para caleg tidak saling melirik calon lain. Dan akan lebih baik lagi, jika para caleg memikirkan strategi, tim, serta logistik yang baik, untuk memperlebar jaringannya masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, pihaknya melakukan pelepasan caleg dari DPR RI dapil 1 (Surabaya – Sidoarjo), DPRD Provinsi dapil I (Surabaya) dan II (Sidoarjo), serta DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Sarmuji memperkenalkan satu per-satu nama caleg, yaitu:

A. Untuk DPR RI, yakni:
Adies Kadir, Adela Kanasya Adies, Ali Saiboo, Andi Budi Sulistijanto, Dyah Roro Eko Setyowaty, Farah Tamalia, Ilyas Indira, R. Besse Kartoningrat, Isbat Atiqillah Pranata, dan Denny Yusni Arman;

B. Lalu, untuk DPRD Jatim dapil Surabaya, yakni:

Arta Mevia Putri Ardana, Blegur Prijanggono, Devi Ika Wahyuningtyas, Meulila Osman, Nora Hanyonowati, Monica Riski Azhari Amin, Tjandra Dwiyani, dan Tri Widodo. Sedangkan, untuk dapil Sidoarjo yakni Adam Rusydi, Lusiati Fauzie, Meilana Prabu Pratama Yudha, Siti Astutik, Redatini, serta Trianita Wulansari.

R.A – CBN

Share :