screenshot 20240731 054942 1
screenshot 20240731 054958 1
screenshot – 2

GORONTALO – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo melalui Koramil 1315-01/Telaga telah berhasil menyelesaikan pembangunan sumur bor di Dusun I, Desa Tapaluluo Kec. Telaga Biru, Kab. Gorontalo. Senin (29/7/2024).

Kegiatan pembangunan sumur bor ini merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Air Bersih (TMAB) yang bertujuan untuk membantu masyarakat. Khususnya, di daerah-daerah yang kesulitan mendapatkan akses air bersih.

Pembangunan sumur bor dilakukan atas permintaan warga Dusun I, Desa Tapaluluo Kecamatan Telaga Biru. yakni.

Sebelumnya, warga setempat mengeluh kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Terutama saat musim kemarau, karena tdak ada sumber air di lokasi yang dekat pemukiman.

Terlebih hingga kini warga belum menerima pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) melalui sistem pelayanan air minum di Kecamatan Telaga Biru. Padahal, sejak bertahun-tahun lalu mereka sudah mendambakan akses air bersih.

Terkait dengan keluhan dan permintaan warga, Babinsa setempat dari Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo menindak lanjuti permohonan warga. Dilanjutkan dengan survei lokasi untuk menentukan titik pengeboran sumur bor yang dilanjutkan dengan pembuatan bak penampungan.

Selama 20 hari proses pembangunan, Kodim 1315/KG menyelesaikan 2 unit sumur bor. Salah satunya melalui Koramil 1315-01/Telaga berhasil membangun sumur bor di Dusun I, Desa Tapaluluo, untuk memenuhi kebutuhan air bersih setidaknya bagi 900 kepala keluarga (KK) di lingkungan Desa Tapaluluo tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1315/KG Letkol Arm. Yudhi Ari Irawan. S.Sos. M. Han., menyampaikan bahwa pembangunan sumur bor ini merupakan wujud nyata sinergitas TNI dengan pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya sumur bor ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari dengan lebih mudah dan layak. Dan kami tentu berharap masyarakat dapat menjaga dan merawat fasilitas yang telah kami bangun agar bisa bertahan lama,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun I, Desa Tapaluluo Bapak Hamid R. Nagi menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo. “Kami sudah lama berharap memiliki sumber air yang cukup. Kini dengan adanya sumur bor ini. Kini kami tidak perlu lagi khawatir kekurangan air. Terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1315/KG bersama Satuan jajarannya dan semua pihak yang telah membantu,” pungkasnya.* penrem 133/nw

Share :