oleh

Kontroversi Kegiatan PKTD di Desa Lebung Sari Antara Pemerintah Desa , Badan Permusyawaratan Desa dan Masyarakat Desa

Lebung Sari-Lampung Selatan Cakrabhayangkaranews.com – Kegiatan Padat Karya Tunai Desa yang telah di laksanakan pada kegiatan Pembuatan bahu jalan sepanjang 250 meter yang berlokasi di Rt 03 Dusun Mergosari Desa lebung Sari Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan dengan harapan Agar tercipta gotong royong serta kebersamaan warga di wilayah Desa Lebung sari.

Namun kegiatan Padat karya Tunai Desa yang dilaksanakan Pemerintahan Desa Lebung Sari menjadi kontroversial baik dimasyarakat desa bahkan di dalam kepengurusan pemerintahan Desa lebung Sari.

Pasalnya saat awak media investigasi terkait program Padat karya tunai desa yang mana program padat karya tunai desa merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.Dengan melalui Dana Desa ( DD ), di Desa Lebung Sari  tidak sesuai mekanisme peraturan yang mana awak media dapatkan kutipan dari salah satu tokoh perwakilan masyarakat yang jabatan di pemerintahan desa selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Rabu (22/12/2021)

” seharusnya PKTD  di lingkungan desa Lebung Sari terutama Di kegiatan pembukaan Ruas badan jalan di Rt 03 dusun Mergosari Yang lebih diutamakan Tenaga kerja Sumber Daya Manusia nya  harusnya di bicarakan terlebih dahulu kepada warga di wilayah Rt setempat, apabila memang sudah tidak ada lagi  SDM nya terkait kegiatan PKTD tersebut baru tenaga kerja nya di ambil dari Rt lain,” ucap mas Didit sapaan yang paling akrab di masyarkat desa lebung sari.

“‘, sebab, mas! program PKTD merupakan Salah satu program unggulan selain dari BLT- DD ,” tambahnya mas didit selaku ketua BPD Desa Lebung Sari.

Awak media terus menelusuri terkait kegiatan  Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Desa Lebung Sari . Awak media mengunjungi kepala dusun Mergosari  di kediamannya . Saat awak media mempertanyakan terkait PKTD kepada kepala Dusun Mergosari Desa lebung sari  . “, ya betul mas! Bahwa di dusun  Mergosari ada Kagiatan swakelola pembuatan Ruas jalan desa terutama di dusun Mergosari, yang kegiatan itu ada di RT 03 pak RT nya Mislan.” Ujar Bambang  kepala dusun mergosari

Awak media mempertanyakan lagi kepada Kadus (Kepala Dusun) Mergosari terkait  bagaimana tata cara serta pelaksanaan padat karya tunai desa di kegiatan pembukaan ruas jalan desa di Rt 03 Dusun Mergosari Desa lebung Sari  Bambang menjelaskan “, kegiatan pembukaan ruas jalan ini di danai oleh Dana Desa bang saya selaku kadus di beri tugas untuk mencari tenaga kerja , saya carikan di RT 01 di sini sebab di RT 03 warga pak mislan kebanyakan warganya kerja di kebun jadi kita kebanyakn tenaga kerja saya ambil di RT  sini .” Ucap  bambang.

“, Kalo masalah upah kerja itu satu harinya 80 ribu sampai 90 ribu gitu perhari satu orangnya, pembayaran upah kerja itu dibayar setwlah kerjaan selesai tapi kalo adanyng mau pinjam dulu uang boleh  ke TPK nya( Tim pelaksana Kegiatan) winarno ketuanya! Mas.” Kata bambang.

“, dalam bekerja setiap harinya 20 orang mas, dan kerjaan itu selesai 12 harian mas, kerjaan itu kalo di bannernya 22 juta sekian mas,” jelas bambang lagi kepada awak media.

Ketika mengkonfirmasi terkait bisa kami dipertemukan warga bapak yang ikut dalam kerja pembukaan bahu jalan agar pemberitaan kami berimbang bambang menjawab “,kalo sekarang mas orang- orangnya udah pada kerja di luar.” Tutupnya

Melanjutkan  awak media investigasi  kegiatan Padat karya tunai desa yang ada di lingkungan Desa Lebung Sari  salah satu nara sumber yang enggan di sebutkan namanya menceritakan bahwa di dusun Lebung Sari ada proyek DD di indikasi pekerjaan pembangunan jalan rabat beton itu di borongkan dan sempat juga di beritakan oleh beberapa media terkait pembangunan rabat beton yang ada di dusun lebung sari tidak sesuai spek tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya lagi apakah sudah ditindak lanjuti atau belum.

Sampai berita ini diterbitkan awak media berupaya mengkonfirmasi pihak pemerintahan Desa yang berkompeten di dalam pengelolaan keuangan dana desa di Desa lebung Sari  Kecamatan Merbau Mataram .
(C2p)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed