screenshot 20240717 153740 2
screenshot 20240717 153748 2
screenshot 1 – 2

Palu, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Korem 132/Tadulako Gelar Upacara Bendera 17-an Bulan Juli 2024, Kasrem 132/Tdl Kolonel Inf Antonius Totok Chrishardjoko, S.I.P., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar dilapangan Makorem 132/Tdl Jl. Jenderal Sudiman No.25 Kota Palu, Rabu (17/7/2024).

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Kasrem 132/Tdl, mengatakan agar senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat, karunia dan Ridho-Nya, kita dapat melaksanakan Upacara Bendera rutin bulanan pada tanggal 17 Juli tahun 2024 ini, dalam keadaan sehat wal’afiat.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan “kondisi geopolitik global dan regional yang belum menunjukkan perubahan signifikan di awal semester kedua tahun 2024.

Berbagai isu seperti konflik Israel dan Palestina Hamas, perang Rusia dan Ukraina, klaim China Ten-Dash-Line di Laut Cina Selatan dan Laut Cina Timur, serta ketegangan antara Korea Selatan dan Korea Utara menjadi sorotan. Semua isu ini, baik langsung maupun tidak langsung, berdampak pada potensi ancaman keamanan nasional Indonesia.

“Saya berharap TNI sebagai garda terdepan dan benteng terakhir bangsa Indonesia, senantiasa waspada dan dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis demi keutuhan NKRI.” tegas Panglima TNI.

Selain itu, perkembangan ancaman di tingkat nasional juga semakin dinamis, ditandai dengan ancaman siber pada Pusat Data Nasional. Beliau mengharapkan TNI untuk terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, kewaspadaan, dan memperkuat sistem pertahanan siber.

Tahun 2024 juga menjadi tantangan bagi TNI dalam mengawal dan menyukseskan Pilkada Serentak.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang, TNI harus memastikan stabilitas nasional sehingga agenda politik ini dapat berjalan aman dan damai.

Panglima TNI menginstruksikan seluruh prajurit dan PNS TNI untuk memegang teguh pedoman Netralitas TNI dan mengoptimalkan sinergitas TNI-Polri beserta seluruh komponen bangsa lainnya.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas pengabdian dan loyalitas seluruh prajurit dan PNS TNI dalam mewujudkan TNI yang PRIMA juga pesan khusus bagi prajurit yang bertugas dalam Misi PBB, di wilayah konflik Papua, serta pengamanan wilayah perbatasan negara, agar tetap semangat, bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus, dan ikhlas.* penrem_132/tdl

Share :