screenshot 20240808 080657 1
screenshot 20240808 080702 1
screenshot 1 – 2

Poso, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Dody Triwinarto,S.I.P.,M.Han., diwakili Kasrem 132/Tdl dengan resmi membuka Latihan Posko I TA 2024 bertempat di Makodim 1307/Poso Selasa(6/8/2024)

Sambutan Danrem 132/Tdl dibacakan, Kolonel Inf Anthonius Totok Chrishardjoko menegaskan pentingnya Latihan Posko I ini bagi prajurit Kodim 1307/Poso dalam meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, terutama dalam melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang melibatkan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Situasi bencana alam memerlukan perhatian serius. Diharapkan setiap prajurit, terutama unsur pimpinan dan staf Kodim 1307/PS, memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menganalisis, merencanakan, serta mengoordinasikan tugas dengan baik bersama Pemerintah Daerah, Polri, dan instansi lainnya,” ujar Kolonel Inf Anthonius Totok Chrishardjoko.

Latihan ini menitikberatkan pada aplikasi mekanisme prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi militer selain perang, sesuai dengan tanggung jawab yang diemban oleh satuan kewilayahan seperti Kodim 1307/PS.

Materi latihan diarahkan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi dengan instansi terkait, penyelenggaraan fungsi pembinaan teritorial (Binter), serta upaya menghadapi dan mengatasi bencana alam.

Dengan kemampuan tersebut diharapkan unsur pimpinan dan staf mampu mengatasi setiap permasalahan dengan berbagai dinamika yang terjadi di wilayah mereka. Hal ini sejalan dengan tema pelaksanaan Latihan Posko I tahun ini yaitu: “Kodim 1307/PS Korem 132/Tdl melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam, Banjir Dan Tanah Longsor”.

Lebih lanjut,Kolonel Inf Anthonius Totok Chrishardjoko juga mengingatkan para peserta untuk melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, memperhatikan faktor keamanan dan efisiensi dalam setiap tahapan latihan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.

“Usahakan agar semua rencana kegiatan dapat berjalan tepat waktu dan mencapai sasaran yang diharapkan, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan profesionalisme prajurit,” pesannya.

Di akhir amanatnya, Kolonel Inf Anthonius Totok Chrishardjoko secara resmi membuka Latihan Posko I Kodim 1307/Poso Tahun Anggaran 2024 semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Poso yang diwakili oleh Kasat Pol PP Kabupaten Poso, Yudi Iswanto Suado, S.E., M.Si.,
Kolonel Inf Inf Fransiscus Rumimpunu, S.H.,Dandim 1307 Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H., M.Hub.Int., Kapolres Poso yang diwakili oleh Wakapolres Poso Kompol Anton Hasan Muhamad, S.H., M.M., Kepala BPBD Kabupaten Poso Darma Metusala, Kadis Kesehatan Kabupaten Poso yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Jemy Oktawan, dan Kadis Sosial Kabupaten Poso yang diwakili oleh Kabid Dayasos, Saharuddin Podungge dan para penyelenggara dan pelaku latihan Posko I Kodim 1307/Poso Tahun Anggaran 2024.* penrem_132/tdl

Share :