Jakarta – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) –Dalam rangka mendukung kemampuan dibidang air Prajurit Batalyon Zeni Tempur 10 melaksanakan teori praktis serta praktek mobil RO. Pasuruhan. Selasa (9/5/2023).

Adapun materi yang diberikan untuk mempraktekkan Secara langsung tentang tatacara ataupun prosedur operasional RO (Reverse Osmosis) alat ini yang sangat berguna pada saat melaksanakan pembantuan dalam medan penugasan baik operasi militer perang (OMP) atau operasi militer selain perang (OMSP).

Dalam latihan kali ini mempraktekkan penjernihan air sungai yang semula kotor menjadi air bersih yang siap untuk dikonsumsi. Diawali dengan proses Penjernihan air kotor (sungai) menjadi air bersih untuk keperluan mandi, di sini diperlukan waktu kurang lebih satu jam dengan menghasilkan 200 ltr air, sedangkan untuk proses menjadi air siap minum atau siap konsumsi alat ini mampu menghasilkan 100 liter/jam. Dalam proses penjernihan air sungai menjadi air bersih.

Mobil RO (Reverse Osmosis) ini sudah digunakan dalam berbagai satgas PRCPB TNI yang diantara lain pada tahun 2016 Satgas PRCPB TNI banjir bandang di Bima, Tahun 2018 Satgas PRCPB TNI gempa bumi di Lombok dan pada Tahun 2022 Satgas PRCPB TNI Erupsi Gunung Semeru Lumajang Jawa Timur. Serta mendukung dalam kegiatan Latihan bersama Garuda Shield dan Latihan antar kecabangan Kartika Yudha TNI AD.* gus – penkostrad

Share :