CBN,Pangkalpinang -Menjalin kemitraan dan Sinergitas dengan Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Babel, awak Media Cakra Bhayangkara News, Lembaga Sosial Masyarakat TOPAN RI serta DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Pangkalpinang, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kantor Bakamla Babel,Selasa, 20/06-2023.

Dalam kunjungan tersebut Awak Media Cakra Bhayangkara yang di wakili Pemimpin Redaksi, Romi Marantika, perwakilan LSM TOPAN-RI Babel, Joni Lambok Manik sebagai Ketua didampingi jajarannya Mengkiong serta Asnam Basuri,Ketua HNSI Kota Pangkalpinang bersama Sekertaris Firdaus, diterima Kepala Stasiun Bumi Bakamla Provinsi Babel Letkol Marinir Setya Budi Wiranto beserta jajarannya.
Pada kesempatan tersebut Kepala Stasiun Bumi Badan Keamanan Laut RI Provinsi Bangka Belitung Letkol Marinir Setya Budi Wiranto terlebih dahulu menyampaihkan ucapan terima kasih atas kunjungan yang di lakukan rekan-rekan yang terdiri dari Awak Media,LSM, Organisasi Nelayan

Menurut Letkol Marinir Setya Budi Wiranto,suatu organisasi dapat melaksanakan suatu pekerjaan tentunya butuh dukungan dari rekan-rekan LSM dalam memberikan masukan serta bahu membahu bekerja sama dalam membangun Babel serta tentunya harus adanya Publikasi dari rekan-rekan media.

cbn3
cbn3

“Saya baru disini jadi masih butuh dukungan serta masukan-masukan dari rekan-rekan LSM maupun Media agar terjalin sinergitas yang baik,”ucap Setya.

Setya melanjutkan lagi bahwa dirinya sebagai pengganti Kabakamla yang lama akan tetap meneruskan apa yang sudah di bangun oleh pendahulunya.

Ditempat yang sama Romi Marantika sebagai salah satu perwakilan dari Media memberikan apresiasi kepada Kepala Stasiun Bumi Bakamla Babel Letkol Marinir Setya Budi Wiranto yang mana sudah meluangkan waktu untuk menerima kunjungan silaturahmi awak Media dan LSM.

Maksud dan tujuan kunjungan silaturahmi ini merupakan lanjutan kemitraan yang pernah dilakukan dengan Kepala Stasiun Bumi Bakamla Babel yang lama yaitu Letkol Bakamla Leonardi Hilman.
Untuk itu,lanjut Romi, kedatangan kali ini sebagai awak media mencoba berkolaborasi dengan rekan-rekan LSM yang mempunyai Visi dan Misi yang sama dalam membangun Provinsi Kepulauan Babel kedepannya agar semakin baik.

Ketua TOPAN RI Provinsi Kepulauan Babel,Joni Lambok Manik dalam penyampaian juga mengucapkan terima kasih kepada Letkol Marinir Setya, dimana sudah menyempatkan diri untuk menerima kunjungan LSM TOPAN-RI.

Joni menyampaikan dukungan terhadap kinerja Letkol Marinir Setya Budi Wiranto. pada dasarnya TOPAN RI akan tetap mensuport apa yang di lakukan Kepala Stasiun Bumi Provinsi Babel Bakamla RI, demi kemajuan Babel ke depan pungkasnya.

Sementara itu, Ketua HNSI Asnam Basuri melalui Sekertarisnya menyampaikan beberapa masukan terkait kepentingan Nelayan. dalam pemaparannya Firdaus menyampaikan beberapa masukan terkait zona tangkap Nelayan tradisional serta adanya KIP yang melakukan aktifitas di alur Pelayaran.

Menyikapi masukan dan beberapa hal terkait Tupoksi dari Bakamla,Letkol Marinir Setya Budi Wiranto menjelaskan bahwa kehadiran Stasiun Bumi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia khususnya perairan laut Bangka Belitung.

Selain melakukan patroli untuk menjaga keamanan laut Babel, Kepala Stasiun Bumi Babel juga menyampaikan bahwa terlepas dari fungsi tersebut, Bakamla juga mempunyai tugas memberikan edukasi dan memberikan informasi terkait cuaca di perairan Bangka Belitung.

Adapun Informasi terkait pelayanan perijinan kepada Nelayan yang dianggap terlalu bertele – tela atau dalam artinya dengan adanya kemajuan teknologi, kebanyakan para Nelayan tidak memahami dalam kaitan perijinan, untuk itu Kepala Stasiun Bumi Babel Letkol Marinir Setya Budi Wiranto berjanji akan memfasilitasi hal tersebut dengan dinas terkait yang mempunyai kewenangan.

Setya juga menjelaskan terkait apa yang akan dilakukannya bersama jajaran yaitu dalam awal programnya dirinya selain memperbaiki sistem manajemen dan Fasilitas Kantor Stasiun Bumi Babel akan meningkatkan kegiatan Patroli di wilayah – wilayah yang masuk dalam zona keamanan laut serta mengevaluasi apa yang sudah dilakukan pendahulunya,apabila bagus akan ditingkatkan namun yang belum akan diupayakan lebih baik lagi.

cbn4
cbn4

“Untuk mengawali program kerja pertama, saya beserta jajaran akan melakukan patroli di wilayah yang menjadi zona kami,dan akan terus mengevaluasi setiap program yang sudah dilakukan pendahulu saya, rekan saya bang Leonardi, ‘ Ujar Setya.

Sebagai akhir dari penjelasannya, Kepala Stasiun Bumi Babel Bakamla RI Letkol Marinir Setya Budi Wiranto mempertegas terkait tupoksi Bakamla berdasarkan PP 13 Thn 2022 dimana dalam peraturan tersebut, Bakamla diberikan kewenangan untuk melakukan Penindakan serta Penegakan Hukum di lapangan pada saat melakukan Patroli Keamanan di wilayah Laut, namun tetap berkordinasi dengan Instansi lainnya.

“Dalam melaksanakan Patroli gabungan,Bakamla akan menjadi Leader, namun tetap memperhatikan kewenangan instansi masing-masing sesuai dengan Tupoksinya,”Tutup Setya.

Ajang silaturahmi berjalan dengan tertib dan aman dengan penuh keharmonisan serta keakraban diantara awak media,LSM,HNSI dan Jajaran Stasiun Bumi Babel Bakamla RI. ( Romi )

Share :