JakartaCakrabhayangkaranews.com (CBN) – Batalyon Kesehatan (Yonkes) Divif 1 Kostrad melaksanakan pendataan dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk validasi data stunting bertempat di Kecamatan Ciluar, Kab Bogor Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Kesehatan 1 Kostrad Mayor Ckm dr. Iman Gautama dalam rilis tertulisnya di markas Batalyon Kesehatan 1 Kostrad. Senin (19/9/2022).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga berat badan dan tinggi badan tidak seimbang. Menurut WHO (World Health Organization), stunting diakibatkan oleh kekurangan gizi pada balita dalam waktu yang lama, kekurangan ASI, infeksi berulang dan pemenuhan nutrisi tidak adekuat.

Guna mendukung program penurunan Stunting tersebut Yonkes 1/Yudha Krida Husada Divif 1 Kostrad menggandeng 4 Kepala Desa, Bidan dan Mader untuk pendataan. Pendataan tersebut guna mempercepat pemerintah daerah untuk menekan angka stunting di daerah. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari dengan target 500 balita.

Dalam kesempatan ini Mayor Ckm dr. Iman Gautama mengatakan bahwa angka stunting harus ditekan dan harus dihilangkan karena balita dan anak-anak merupakan aset negara yang harus dijaga demi kelangsungan dan kejayaan NKRI.* gus – penkostrad

Share :