screenshot 20240902 230530 1

UFoto atas : Herman Kembuan – Direktur Utama PDAM Bolmong

Bolmong, Sulut – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), merupakan badan usaha milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 1986 Tanggal 28 Februari 1986.

Tahun 2007-2008 terjadi pemekaran wilayah Kabupaten Bolmong menjadi 4 kabupaten dan 1 kota.

Sejak terjadinya pemekaran wilayah sampai dengan saat ini, kepemilikan dan pengelolaan perusahan seluruhnya masih dikuasai oleh Pemerintan Bolmong sebagai sabupaten induk.

Disebutkan, sejatinya tujuan didirikannya perusahan PDAM untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah. Khususnya, pembangunan ekonomi nasional dan umumnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Seiring waktu berjalan. Sejak didirikannya PDAM berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 1986 Tanggal 28 Februari 1986, sampai dengan saat ini tahun 2024, PDAM Bolaang Mongondow telah memiliki 12.600 Sabungan Rumah (SR). Jumlah itu, tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Bolmong Raya (BMR). Berapa besar pendapatannya? Ternyata mencapai kurang lebih Rp. 20 Miliar per tahun. Waw.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Bolmong Herman Kembuan ketika dikonfirmasi CBN baru-baru ini. “Saat ini PDAM Bolmong memiliki 12.600 SR dengan pendapatan per tahun kurang lebih 20 miliar”, jelas Dirut Herman Kembuan.

Sebelumnya, pada saat tatap muka bersama Pj. Bupati Bolmong dr. Jusnan C. Mokoginta bersama pimpinan dan karyawan PDAM — selaku Dirut — pihaknya telah menyampaikan akan terus melakukan berbagai terobosan dan pembenahan guna mengembangkan PDAM yang ada. Salah satu terobosan dan pembenahan yang telah dilakukan, yaitu ketika ada salah unit menjadi sampel inovasi. Ya, unit dimaksud yang diawal pendapatannya hanya sebesar 8 juta per bulan, namun ketika dilakukan pembenahan kinerja, telah mengalami peningkatan sebesar 40 juta per bulan.

Mengetahui upaya dan terobosan yang dilakukan oleh Dirut PDAM Herman Kembuan tersebut, Pj. Bupati Bolmong dr.Jusnan C. Mokoginga — pada saat tatap muka bersama pimpinan dan karyawan PDAM — mengatakan bahwa selaku Pemerintah Daerah — pihaknya mendukung sepenuhnya berbagai upaya dan terobosan yang dilakukan oleh Dirut PDAM Herman Kembuan. Tentu ini demi menuju performa PDAM yang lebih baik kedepan. Sebagaimana harapan bersama.

Guna mencapai PDAM lebih baik kedepan, Pj. Bupati dr. Jusnan C. Mokoginta mengajak kepada seluruh pimpinan dan karyawan PDAM “Igai kita motobatu” yang artinya “Mari kitorang bersatu untuk terus berinovasi dan bekerja kerjas dalam bingkai kebersamaan demi PDAM yang lebih baik.” * pusran beeg

Share :