Penerimaan Penghargaan untuk Polres Jombang

Jombang, CBN – Polres Jombang berhasil meraih penghargaan dari Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan dan Anak Indonesia (TRC PPAI), atas kerja kerasnya pada hari Rabu (02/08/2024).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Koordinator Nasional TRC PPA, yakni Jeny Claudya Lumowa, di Mapolres Jombang, ketika melakukan upacara penghargaan di halaman Mapolres.

Dalam kegiatan tersebut, penghargaan ini disebut sebagai salah satu apresiasi yang dilakukan kepada Polres Jombang. Sebab, selama ini, Polres Jombang dinilai memiliki semangat dan integritas tinggi dalam penegakan hukum.

Tak hanya itu, Polres Jombang dinilai memiliki sinergi yang baik dalam mengungkap kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang melibatkan anak di bawah umur.

Piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua TRC PPA, yakni Jeny Claudya Lumowah, kepada Kapolres Jombang, yakni AKBP Eko Bagus Riyadi, Wakapolres Kompol, Hari Kurniawan, Kasatreskrim, AKP Aldo Febrianto, dan Kanit PPA, yakni Ipda Satria Ramadhan.

Dalam kegiatannya, sebanyak 6 penyidik, juga mendapatkan penghargaan. Para penyidik tersebut, antara lain: Aipda Yaka Sugiatna; Briptu Titik Linggarjati; Briptu Tanti Olivany Sari; Briptu Sujatmiko; Briptu M. Syahid Ali Ihsan; dan Bripda Anisya Shella Puspita.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Kapolres Jombang, yakni AKBP Eko Bagus Riyadi, melalui Wakapolres Kompol, Hari Kurniawan, mengatakan, “Sebenarnya, ada beberapa kasus kejam yang berhubungan dengan kejahatan manusia, khususnya kasus kejahatan terhadap anak, yakni, kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).”

Berdasarkan data, pada tahun 2020, unit PPA Satreskrim Polres Jombang berhasil mengungkap dan menyelesaikan 70 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selain itu, Polres Jombang juga berhasil mengungkap 44 kasus di tahun 2023. Hal itu merupakan pencapaian luar biasa yang telah dilakukan oleh Polres Jombang.

Kompol Hari, dalam kegiatannya, mengungkapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, kami bisa mengungkap kasus dengan cepat. Selain itu, pihak kami juga sigap dalam menangkap sang pelaku. Dan atas penghargaan ini, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada TRC PPA, atas penghargaan yang telah diberikan kepada kami,” ucap Kompol Hari.

“Penghargaan ini menjadi simbol utama bagi kami, untuk senantiasa memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak,” lanjutnya.

Ketua TRC PPA, yakni Jeny Claudya Lumowa menjelaskan, pihaknya akan terus bermitra dengan kepolisian, karena pihak TRC PPA yang dilahirkan Komisi Nasional PPA tahun 2015 lalu ini, telah membantu Kepolisian, khusunya di unit PPA.

Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga menyampaikan harapannya.

“Semoga, kemitraan ini dapat berlangsung dengan baik untuk ke depannya. Di samping itu, saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Polres Jombang, yang selalu sigap untuk melindungi anak Indonesia, yang mana, kita tahu bahwa, nantinya, mereka akan menjadi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan dalam kalimatnya, “Penghargaan ini tidak hanya berhenti di situ. Nantinya, penghargaan ini juga akan direkomendasikan ke Kapolri. Hal itu memberikan pengertian bahwa, penghargaan itu dapat digunakan oleh jajaran Polres Jombang untuk ke jenjang berikutnya, khususnya untuk melanjutkan sekolah kepolisian.”

“Kami akan selalu berkoordinasi dengan Polri dalam hal ini. Dan kami harap, dengan adanya rekomendasi ini, masyarakat mampu mendapatkan SDM Polri dengan integritas yang baik, cerdas, bermartabat, dan mampu menjalankan amanahnya dengan baik,” pungkasnya.

R.A – CBN

 

 

 

Share :