screenshot 20240701 151438 1

Kotabaru, Kalsel –Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Badan Pengawas Keuangan dan Pembanagunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalsel, melakukan penandatanganan Komitmen Kerjasama Peningkatan Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan serta Komitmen bersama Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi tahun 2024 pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru. Bertempat di-Wisata Jetski, Teluk Mssjid Pulau Tumur, Sabtu, (29-2024).

Kegiatan yamg dilaksanakan ini menindak lanjuti surat Kepala BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Nomor : PE.13.04/S-867/PW16/3/ 2024, tanggal 12 Juni 2024 tentang Pelaksanaan Penilaian Mandiri/ Penjamin Kualitas Maturitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Daerah tahun 2024. Penandatanganan ini bertujuan untuk mengembangkan Manajemen Pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola yang baik (Goot Govermence) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.
Maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko Indeks (MTI), Indeks Efiktivitas Pengendalian Kors (EPK)

Dalam acara penanda tanganan tersebut, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alaydrus, SH. menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan yang telah membantu dan bersinergi dalam penyelenggaraan Pemerintah dan pengelolaan keuangan serta peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

“Akuntabilitas Keuangan dan Pembangunan SPIP terintegrasi tahun 2024 pada Pemerintah Kabupaten Kotabaru,” terang Bupati Kotabaru.

Bupati Kotabaru berharap, komitmen ini dapat segera diimplemennasikan sehingga apa yang menjadi tujuan dari kesepakatan ini dapat tercapai dengan baik. ” Dalam mewujudkan tata klola Pemerintah yang baik, didalam SPIP mempunyai peran yang sangat penting yang ingin dicapai yakni, efektif, efisien, dan pengamanan aset negara serta ketaatan terhadap peraturan perundang undangan,” jelas Sayed Jafar.

Bupati menambahkan, dengan adanya Komitmen ini juga diharapkan SPIP dan memdeteksi sejak dini terjadinya tindakan yang merugikan daerah dan negera. Dalam kesempatan itu juga Bupati Kotabaru menjelaskan, wisata Jetski yang menjadi tempat acara ini merupakan objek wisata yang banyak mempunyai wahana, diantaranya, Jetski, Benana Boat dan Perahu Kano serta ada beberapa pulau yang berpotensi menjadi spot wisata yaitu, pulau manti, pulau gusung bangau, pulau nangka, pulau kalak dan pulau sumber gelap.

Sementara Kepala Perwakilan BPKP Perovinsi Kalimantan Selatan Ayi Riyanto menyampaikan, Kabupaten Kotabaru sunggug luar biasa dan mempunyai potensi daerah yang cermerlang. ” Saya sangat bersyukur dapat berkunjung ke-daerah Kabupaten Kotabaru ini, karena Kotabaru betul betul luar biasa, kotabaru mempunyai potensi daerah yang cerlang, Kabupaten Kotabaru juga mempunyai alam yang lengkap, Kotabaru mempunyai bukit, mempunyai pantai dan pulau pulau, saya yakin kedepannya Kabupaten Kotabaru menjadi Kota yang paling Cemerlang, karena Kotabaru mempunyai potensi daerah yang luarbiasa, ” uangkap Kepala perwakilan BPKP.* syf

Share :