Jakarta – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Bertempat di Aula Mayonif Mekanis Raider 413 Kostrad, Mobile Training Team (MTT) dan Uji Sertifikasi Ranpur Terstandarisasi Tahun Anggaran 2022 Satjar Brigif Mekanis Raider 6 Kostrad resmi ditutup. Jum’at (18/03/2022).

Latihan yang diselenggarakan mulai tanggal 13 Maret s.d 18 Maret 2022 ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pengemudi Ranpur yang handal dan profesional guna mendukung tugas pokok Satuan.

Kegiatan latihan diawali dengan materi pelajaran teori pemeliharaan Ranpur tingkat nol, pelatihan ICCS (Integrated Command Control System) dan BMS (Battlefield Management System). Selanjutnya peserta latihan melaksanakan materi praktek yang meliputi pemandu, buka tutup room door, maju 50 M, mundur 50 M, keluar masuk garasi, masuk kedudukan formasi serang, masuk kedudukan formasi bertahan, angka delapan, angka nol, melintasi parit, zig zag, tanjakan dan turunan.

Pada akhir kegiatan latihan, dilaksanakan ujian teori maupun praktek untuk mengukur hasil latihan yang dilaksanakan secara langsung oleh Tim Penguji dari Staf Latihan Angkatan Darat dan Pussenif Kodiklatad. Sebanyak 146 orang peserta Tamudi dinyatakan lulus dan berhak mengenakan brevet “Yudha Turangga Wiratama” kebanggaan prajurit Kavaleri.

Usai penutupan, Danyonif Mekanis Raider 413 Kosatrad Letkol Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. menyampaikan jika mengemudi Ranpur merupakan salah satu kemampuan teknis kecabangan yang harus dikuasai oleh Prajurit Satuan Mekanis yang meliputi Daya Gerak, Daya Tembak dan Daya Kejut.

“Kemampuan mobilitas satuan yang tinggi dalam bermanuver di setiap bentuk medan pertempuran akan sangat dipengaruhi oleh keterampilan pengemudi Ranpur dalam mengawaki Alutsista Ranpur yang digunakan. Untuk itu, setiap Satuan Mekanis wajib untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mengemudi bagi Prajuritnya,” ucap Danyonif.* har – penkostrad

Share :