kukar 2

Cakra Bhayangkara News KUKAR – Polres Kukar mengadakan rapat koordinasi dan bimbingan teknis terkait kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 di wilayah hukum Polres Kukar. Berlangsung di Hotel Grand Fatma, Tenggarong, pada hari Senin (12/8/2024).

Rakor itu dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Heri Rusyaman.

Tampak juga hadir Wakapolres Kukar, Kompol M Aldy Harjasatya, dan Kabag Ops Polres Kompol Subari. Selain itu, hadir pula perwakilan pemerintah daerah, TNI, KPU, Bawaslu, dan sejumlah tokoh masyarakat.

Kapolres Kukar, AKBP Heri Rusyaman, menekankan pentingnya menjaga situasi kondusif menjelang Pilkada. Dalam arahannya, ia menyebutkan bahwa rapat ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai, dan tertib melalui kolaborasi erat antara kepolisian, TNI, pemerintah, dan penyelenggara pemilu.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Taufik Hidayat, pun menyampaikan pentingnya operasi pengamanan yang terencana dan terkoordinasi dengan baik. Mengingat potensi konflik yang mungkin muncul selama Pilkada, ia mengajak semua pihak untuk tetap menjaga suasana damai dan kondusif.

Dalam rapat tersebut, Ketua KPU Kutai Kartanegara, Rudi Gunawan, memaparkan tahapan Pilkada sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sementara itu, Bawaslu Kutai Kartanegara, melalui Komisionernya, Hardianda, mengidentifikasi beberapa isu krusial yang dapat mempengaruhi jalannya Pilkada, termasuk potensi ketidaknetralan ASN dan isu politik uang.

Kabag Ops Polres Kutai Kartanegara, Kompol Subari, memaparkan rencana pengamanan yang akan diterapkan, termasuk peta kerawanan dan strategi penanggulangan potensi kerawanan di setiap tahapan Pilkada.(Montana)

Share :