1704176715755

Foto atas : Mapolres Tolitoli

Bawah : Kapolres Tolitoli AKBP. Bambang Herkamto, SH

img 20231026 100616 417
Tolitoli, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Jajaran Polres Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng) akan mendukung penuh tahapan Pemilu dan program-program yang sudah digagas serta menjadi target Pemerintah Daerah (Pemda) Tolitoli.

Penegasan itu disampaikan Kapolres  Tolitoli AKBP. Bambang Herkamto, SH kepada CBN belum lama ini di Tolitoli.

Menurut AKBP. Bambang Herkamto terkait pelaksanaan Pemilu, harus tegak lurus dengan aturan yang sudah disusun. Pelaksanaan Pemilu sebut Kapolres, harus tetap tegak sesuai aturan dan SOP. Apabila butuh minta petunjuk diatas, tetap akan dilakukan. Sebab katanya, bila kita berani mengambil kebijakan, maka disitulah permasalahan akan muncul.

Untuk deklarasi Pemilu Damai, sudah pula dilakukan. Jajaran Polres dari segi pengamanan juga — sejak jauhari — telah melaksanakan Sispam Kota tingkat Polres. Dan sudah juga dilakukan dengan melibatkan kesatuan dan instansi lain. Misalnya dari TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder yang ada.

Bagaimana kemesraan dengan Forkopimda dan antar kesatuan? Komunikasi selama ini urai Kapolres, cukup bagus. Misalnya, melakukan patroli bersama sering dan itu secara aturan ada. Bika di Kodim ada Babinsa, maka di Polsek ada Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak di lapangan. Kemudian jika melihat dari kondisi wilayah, baik personel Babinsa maupun Bhabinkamtibmas, tidak akan  mengkaver luas wilayah.

screenshot 20240102 141900 1
Saat ini pola kebersamaan dilakukan dengan tidak bekerja sendiri-sendiri. Justru bekerja bersama dan gabungan tukas Kapolres, malah jadinya akan saling mengisi.

Dari Kodim juga begitu. Satu Babinsa menanggung jawabi hingga dua atau tiga desa. Jadilah saling komunikasi, mana yang kurang. Nah, masyarakat saat menyampaikan keluhan tidak mesti ke Bhabinkamtibmas atau harus ke Babinsa. Siapa yang ada di situ, bisa disampaikan soal keluhan atau uneg-uneg. “Masyarakat tidak mesti melapor ke polisi karena ada juga tentara. Kita sama-sama menyadari bahwa kita adalah wakil dari pemerintah,” kata Bambang Herkamto.

Kapolres Bambang menggambarkan bahwa ada desa binaan yang jumlahnya sampai tiga, dibawahi satu Bhabin. “Artinya, permasalahan apa silahkan disampaikan karena ada Bhabinkamtibmas dan Babinsa di desa,” urai Kapolres.

Jika masalah di masyarakat masuk ke Babinsa, kan juga muaranya akan sampai ke Bhabin. “Selanjutnya jika kemudian ada yang harus didiskusikan lebih jauh, pastilah akan dirembukkan kepada pak Dandim atau Danlanal. Kalaupun tidak bisa ketemu, lewat teleponlah,” tutur Kapolres.

Jadi tambah Kapolres, masyarakat tidak akan bingung. Jika posisi mereka jauh dari kantor polisi, tidak mesti lapor ke polisi kalau ada Babinsi, ya kepada Babinsa saja,” saran Kapolres.

Polres Tolitoli sendiri membawahi 10 Polsek. Mulai dari Polsek Tolitoli Utara yang berbartasan dengan Kabupaten Buol, dan Polsek Dampal Selatan berbatasan dengan Kabupaten Donggala. Di wilayah perbatasan yakni Polsek Dampal Utara dan Ogodeide misalnya, kondisi medannya masih agak sulit tapi masihbdapat dikaver dengan baik.

Juga di terotori Polsek Galang ada tiga desa yang berada di posisi pulau terluar dan juga di wilayah Tolitoli Utara, desanya berada di pulau. “Tapi semua wilayah dalam kondisi yang selalu terpantau kondusif,” tegas AKBP. Bambang Herkamto.

Sedangkan untuk Bhabinnya ada 85 personal tersebar dari sekitar 103 desa dan 6 kelurahan.* jay – bersambung

Share :