Banyuwangi, CBN – Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Banyuwangi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Deddy Foury Millewa, melalui Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, bersama Pejabat Utama (PJU) Polresta Banyuwangi, menyerahkan langsung hadiah lomba yel-yel Tour of Kemala 2023 pada tanggal 7 sampai dengan 8 Oktober 2023. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Lapangan Mapolresta Banyuwangi pada Selasa (10/10/2023)

Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa, berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi, Pemerintah Provinsi, Kementrian Agama (Kemenag), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat Banyuwangi, karena tingkat SLTP ke bawah berada dalam naungan dinas pendidikan Kabupaten, SLTA dalam kewenangan pemerintah provinsi, Madrasah Aliyah dalam otoritas Kemenag.

Beliau juga mengatakan bahwa, semua kegiatan Tour of Kemala kemarin mempercayakan bahwa, Banyuwangi sebagai tempat digelarnya event setingkat Internasional, dan pada akhirnya, seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik.

Selain itu, semua unsur pimpinan hari ini sudah kembali ke Jakarta dengan rasa senang dan disampaikan terimakasih kepada Bapak dan Ibu sekalian.

img 20231010 wa0096

Wakapolresta juga menyampaikan bahwa, seluruh peserta, termasuk para pembalap, sangat berkesan dengan keramahan dan antusiasme masyarakat Banyuwangi, dalam memberikan support yang begitu luar biasa, terutama pada saat pembalap mencapai titik kelelahan.

Pasalnya, di sana, ada masyarakat yang memberikan yel-yel semangat, sehingga, adrenalin mereka kembali meningkat.Tour of Kemala termasuk event internasional karena, ada 13 pembalap dari luar negeri. 

“Saya berterima kasih atas dukungan dan antusiasme warga Banyuwangi. Selain itu, saya meminta maaf karana, weekend kita kemarin sedikit terganggu dengan kegiatan tersebut. Tak hanya itu, perjalanan masyarakat di kelurahan dan desa juga sedikit terganggu,” ujar Wakapolresta.

Seperti dikutip di “Rasarbalambangan.com,” agenda ini memberikan banyak hal positif. Salah satunya yakni, akibat effect dari event tersebut, tingkat hunian perhotelan mencapai 100%, bahkan sampai merambah kepada penuhnya homestay dan rumah kos harian penuh dengan tamu. 

Tak hanya itu, usaha-usaha di sektor pariwisata pun ikut terdongkrak, seperti travel agen, rent car, UMKM, rumah makan, dan restoran. Bahkan, komunitas Ojol pun juga kebanjiran orderan, termasuk usaha laundry, dan lain-lain.

img 20231010 wa0095

Lebih lanjut, para pemenang mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan. Untuk juara 1 sebesar 2 juta rupiah, juara 2 mendapatkan 1,5 juta rupiah, dan 1 juta rupiah untuk juara 3. Selain uang pembinaan, para pemenang juga mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah berupa net dan bola voley.

Pemenang lomba yel-yel dalam rangka Tour of Kemala antara lain:

Tingkat SD/MI, Juara 1 SDN 1 Kemiren Kecamatan Glagah, Juara 2 SDN 1 Gendoh Kecamatan Sempu, Juara 3 SDN 4 Sumberberas Kecamatan Muncar.

Tingkat SMP/MTS, Juara 1 SMPN 1 Muncar, Juara 2 SMPN 1 Purwoharjo, Juara 3 SMPN 2 Bangorejo.

Tingkat SMA/SMK/MA, Juara 1 SMAN 2 Taruna Bhayangkara, SMAN 1 Giri Taruna Bangsa dan Juara 3 MAN 1 Banyuwangi.

Pemenang lomba kebersihan dalam rangka Tour of Kemala antara lain:

Tingkat Desa, Juara 1 Desa Bomo Kecamatan Blimbingsari, Juara 2 Desa Karetan Kecamatan Purwoharjo dan Juara 3 Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo.

Tingkat Kelurahan, Juara 1 Kelurahan Kampung Melayu, Juara 2 Kelurahan Panderejo dan Jura 3 Kelurahan Penganjuran.

Menanggapi hal ini, Kepala Sekolah SDN 1 Kemiren Pak Waris, menyampaikan ucapan terima kasih atas hadiah yang diberikan oleh Polresta Banyuwangi.

Beliau berharap, dengan hadiah ini, semoga anak didiknya semakin semangat dalam sekolah dan berkegiatan ekstrakurikuler olah raga dan lain sebagainya. 

Boedi – CBN

Editor: R.A – CBN

Share :