Banyuwangi, CBN – Sebanyak 86 Prajurit Bataliyon Komando (Yonko) 464 Kopasgat, terlibat dalam Latihan Gabungan TNI (Latgab TNI) 2023. Hal ini dilakukan sebagai persiapan Kopasgat dalam melaksanakan Operasi Perebutan Pengendalian dan Pangkalan Udara (OP3U) di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Selasa (01/0802023).

OP3U ini dilaksanakan dalam sebuah babakan Latgab TNI untuk memvisualisasikan operasi perebutan Bandara Blimbingsari Malang, yang mana, diasumsikan sebagai tempat yang dikuasai oleh musuh.

Dalam OP3U, yang dipimpin langsung oleh Danyonko 464 Kopasgat Letkol Pas Puthut HM., M.Han., Bandara Blimbingsari Malang, Jawa Timur, berhasil dikuasai oleh prajurit Kopasgat.

img 20230801 wa0089

Skenario OP3U di Bandara Banyuwangi telah melibatkan 86 prajurit Kopasgat sebagai Satuan Tempur, Tim Pengendali Pangkalan (Dallan), Pengendali Tempur (Dalpur), Jump Master, serta Pertahanan Udara (Hanud). 

OP3U dilaksanakan dengan menggunakan kekuatan udara, yang mana, objek sasarannya telah ditentukan. Sasaran yang dipakai merupakan obyek vital nasional.

img 20230801 wa0083

Menurut informasi, pasukan diberangkatkan dengan menggunakan Pesawat C-130 Hercules dan dikawal dua pesawat tempur F-16 sebagai air cover.

Sebelum OP3U dilaksanakan, terjadilah sebuah infiltrasi Satbravo ’90, di mana, pada saat itu, Kopasgat bertugas melumpuhkan sarana strategis musuh, lalu dilanjutkan dengan infiltrasi Tim Dalpur dalam rangka menyiapkan DZ (Dropping Zone). 

Pada pukul 05.45 WIB, tim Satpur mengadakan penyerangan. Dalam waktu relatif singkat, tim Satpur dapat menguasai bandara. Operasi yang dilakukan setelahnya yakni dilakukan oleh pasukan Dallan. Dalam aksinya, tim Dallan bertugas mengoperasikan Pangkalan. 

Dalam kegiatan tersebut, air landed unsur hanud rudal QW3 dan smart hunter, digelar di 4 titik, yakni: di ujung run way 08 (pucuk 1 dan pucuk 2); ujung run way 26 (pucuk 3 & 4); dan smart hunter di depan Gastrip PK. 

Senjata Hanud ini digunakan untuk menangkis serangan udara musuh, dan smart hunter 311 tersebut, digunakan sebagai radar pendeteksi pesawat kawan dan lawan.

Andi – CBN

Editor: R.A – CBN

Share :