Foto atas : Site Manager PT. WRL

laporan : darmasita s  – kabiro cbn tojo una-una sulawesi tengah

Touna, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai pedoman dalam pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan kerja PT. Wana Rindang Lestari (WRL) yang berada di kawasan konsesi dan telah ditetapkan, sesuai Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : 510/menhut/11/2014.

PT. Wana Rindang Lestari bergerak pada sektor kehutanan dalam subsektor Hutan Tanaman Industri ( HTI) dengan luas lahan areal konsesi 59.920 hekter.

Dari jumlah tersebut, berada pada kawasan konsesi dua kabupaten. Yakni Tojo Una-una dan Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

screenshot 20230925 090241 1
Pedi Ginanjar

Demikian penjelasan Site Manager PT. Wana Rindang Lestari Pedi Ginanjar kepada CBN saat di temui disela-sela aktifitasnya di Desa Tayawa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una (Touna) baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama Pedi menjelaskan tentang rencana pembentukan organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA). Dimana pihaknya telah melakukan rekruitman sejumlah 75 calon MPA yang telah siap untuk mengikuti pelatihan.

Dari jumlah 75 calon MPA, terdiri dari lima desa. Yaitu Desa Podi, Tongku, Pancuma dan Desa Dataran Bugi, serta Desa Kalemba. Dari jumlah desa yang akan di bentuk calon organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) tersebut, berada di Wilayah Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una,” tandas Pedi Ginanjar.

Menurutnya, pembentukan MPA yang kini telah siap, diharapkan secepatnya dapat mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) yang akan dilaksanan oleh Balai Pengendalian Pengendalian dan Perubahan Iklim BPPI Wilayah II Sulawesi Palu. Terkait itu, pihak PT. Wana Rindang Lestari sebut Pedi Ginanjar, akan mensuport sepenuhnya sesuai ketentuan yang berlaku.

Diapun mengharapkan dukungan dari semua pihak yang terkait. “Sehingga kegiatan yang kita rencanakan ini, dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ungkapnya.

screenshot 20230925 090453 2
Kadi BPPI Wilayah II Sulawesi – Palu

Sementara Kepala Seksi BPPI Wilayah II Sulawesi Palu Sollu Batara, S.Hut, MH menjelasjan kepada CBN, pihaknya siap untuk melaksanakan Bimtek terhadap organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA) yang diinisiasi oleh PT. Wana Rindang Lestari. Sollu Batara S.Hut, MH, juga menyebutkan telah dihubungi pihak perusahaan baru – baru ini terkait pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA). Jika tidak ada kendala, dalan waktu dekat ini dapat terlaksana.” pungkas Sollu.* 

Share :