CBN, Bangka Selatan (Permis) Desa Permis Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menjadi kunjungan terakhir tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2023 Komisi Informasi (KI) Bangka Belitung (Babel) melakukan visitasi Monev ke Badan Publik Desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rabu (25/10/2023).

Kunjungan visitasi ke Desa Permis dipimpin langsung Ita Rosita Ketua KI Babel bersama Wakil Ketua KI Babel Rikky Fermana dan 2 orang Komisioner KI Babel Martono dan Fahriani serta staf KI Babel Resa Monica dan Endang.

img 20231025 wa0026
img 20231025 wa0026

Kehadiran tim Monev 2023 Keterbukaan Informasi Publik (KIP) disambut langsung oleh Kepala Desa (Kades) Yuspongo bersama Sekretaris Desa Hartati, serta didampingi sejumlah staf sekretariat desa Permis dan Kepala Dusun.

Ita Rosita dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kehadiran tim Monev KI Babel menindaklanjuti visitasi dari questioner atau pertanyaan yang telah disampaikan ke Badan desa dalam rangka penilaian dan keikutsertaan badan desa dalam ajang Penganugerahan pemeringkatan badan publik desa yang patuh terhadap Undang-Undang KIP nomor 14 tahun 2008.

“Kunjungan kami disini untuk melihat sejauh mana badan publik desa Permis berproses melakukan pelayanan informasi dan mengimplementasikan kepatuhan terhadap undang-undang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Ita dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Ketua KI Babel Rikky Fermana menambahkan bahwa hanya desa Permis yang menyatakan kesiapan untuk di Monev KIP 2023 dari 3 desa yang direkomendasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

“Dari 3 desa yang diajukan oleh Pemkab Bangka Selatan hanya desa Permis yang mengisi atau mengembalikan questioner yang disampaikan, dan ini suatu yang luar biasa artinya desa Permis menyatakan komitmennya untuk mendukung dan membangun desanya menuju Tata Kelola Pemerintahan Desa yang baik dan bersih, yang kemudian berdampak kepada partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan dalam mengambil keputusan desa dan Pembangunan desa.”tambah Rikky.

Ditempat yang sama, Yuspongo Kades Permis menyatakan komitmennya akan mendukung dan membuka diri terkait keterbukaan informasi publik kepada lapisan masyarakat desa.

img 20231025 wa0022
img 20231025 wa0022

Komitmen itu ia ungkap kedatangan tim Monev KI Babel seluruh jajaran dan enam orang Kepala Dusun desa Permis ikut hadir dalam pertemuan tersebut.

“Kami berterimakasih atas kehadiran Komisi Informasi dari provinsi dan jajarannya sudah berkunjung dan melakukan visitasi ke desa kami (Permis-red), sebagai komitmen kami mendukung keterbukaan informasi di desa, seluruh jajaran pemdes dan enam orang Kadus (Kepala Dusun-red) hadir di pertemuan ini,” ungkap Kades Permis yang akrab dipanggil “Pongo”.

Di akhir sambutannya, Pongo meminta masukan dan bimbingan dari KI Babel agar apa yang menjadi kekurangan dalam pelayanan dan keterbukaan informasi untuk disampaikan kepadanya.

“Sekiranya ada kekurangan kami di visitasi Monev ini tolong disampaikan kepada kami agar kedepannya kami bisa memperbaiki diri agar pemerintah desa kami menjadi lebih baik dalam mengelola pelayanan informasi dari pemerintahan yang baik dan benar.”pungkasnya.

(Sumber: KI Babel, Editor: KBO Babel)

Share :