Riau Silip, Bangka Cakrabhayangkaranews.com  – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke – 77 tahun 2022, Komandan Kodim 0413/Bangka Kolonel Inf Denny Noviandi di dampingi Ketua Persit bersama Forkopimda Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Reboisasi lahan Kritis dan Tabur Benih Ikan secara serentak di Dusun Bedukang Desa Deniang Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, Senin (3/10/2022).

 

Kegiatan ini dilaksanakan bersama pemerintah, masyarakat swasta dan instansi pemerintahan dalam rangka mendukung program Pemprov Bangka Belitung dengan tema ” Hijau Biru Babelku Bersatu Padu Menjaga Lingkungan” .

Gerakan Reboisasi ini dibuka langsung oleh Danrem 045/Garuda Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis M.DA bersama Forkopimda dilanjutkan penanaman pohon dan penaburan benih ikan di kolong ex tambang timah.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolda Babel Irjen Pol Drs. Yan Sultra SH, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Eko Kurniawan, Kabinda Babel Imam Santoso SH.MH serta perwakilan instansi pemerintah dan kelompok HKTI, pelajar juga dari elemen masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Danrem 045/Garuda Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis M.DA mengatakan bahwa Gerakan Reboisasi Lahan Kritis dan penaburan benih ikan dilahan eks tambang dalam rangka HUT ke 77 TNI tahun ini merupakan wujud semangat seluruh kesatuan TNI di wilayah Bangka Belitung,” ucapnya.

 

Gerakan di laksanakan secara serentak di seluruh wilayah Babel yaitu di Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur untuk menumbuhkan kepedulian para prajurit beserta segenap stakeholder dan masyarakat Bangka Belitung terhadap kelestarian dan keasrian lingkungan alam di sekitar.

Brigjen Ujang Darwis menambahkan kegiatan tersebut juga sebagai dukungan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Program “Hijau Biru Babelku”.

Komandan Korem mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada PJ.Gubernur yang telah menginspirasi gerakan restorasi alam tersebut , terimakasih juga kami sampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup melalui BPDAS dan BPKH yang telah mendukung pemenuhan bibit untuk di tanam di lokasi ini 


” Terima kasih kepada PT. Pupuk Indonesia yang telah mendukung kebutuhan pupuk ,PLN UIW Babel yang mendorong pemanfaatan Faba sebagai treatmen air kolong dan seluruh komponen yang telah membantu tergelarnya kegiatan ini, “ucap Danrem.

Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan momentum penggerak untuk dilaksanakan di seluruh wilayah pulau Bangka maupun Belitung dengan melibatkan seluruh jajaran TNI. Pemerintah dan Swasta serta pelaku usaha selaras dengan tema HUT ke 77 TNI tahun ini yaitu “TNI adalah KITA”.

” Kami juga memohon Doa restu kepada seluruh komponen bangsa agar dalam ulang tahun yang ke 77 ini, TNI selalu dapat hadir di tengah masyarakat dengan segala manfaat yang dapat kami berikan untuk bangsa dan negara”. Ungkap Danrem

Share :