screenshot 20240701 084920 2

Boltim, Sulut – Cakrabhayangkaranews.com (CBN)Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarli) Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), terus bekerja all out. Mereka hampir tak kenal waktu, menghadapi kondisi medan hingga lokasi terisolir, demi tunaikan tugas untuk mencapai hasil terbaik.

Seperti petugas Pantarlih Desa Bukaka, didampingi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pengawas Kelurahan Desa (PKD), mereka beriringan melakukan validasi data calon pemilih (30/6/2024). Agar tuntas melaksanakan tugas, mereka terus bekerja melakukan pemutakhiran data pemilih yang berada di Desa Bukaka.

Kepada CBN, Minggu (30/6/2024), Pantarli Desa Bukaka Jamalia Potabuga, Sri Puteri Modeong menjelaskan bahwa proses pemutakhiran data pemilih untuk Desa Bukaka sudah selesai dilaksanakan selama kurang lebih 1 minggu. Sudah dimulai sejak (24/6/2024) sampai dengan (30/6/2024). “Kami sudah selesai melakukan pemutakhiran data pemili. Dimana dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih, kami langsung didampingi oleh PPS Sumiati Wangka, Jamal Hari Kaiya, Marlina Talib dan Pengawas Kelurahan Desa, Sultan Mamonto”, jelas keduanya.

Berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih yang dilakukan, diperoleh jumlah wajib pilih Desa Bukaka sebanyak 432 pemilih.

Dalam melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih tersebut yang dilaksanakan kurang lebih satu minggu berjalan. Diketahui, para Pantarli Desa Bukaka, PPS dan PKD — baik siang mapun malam — tanpa mengenal panas maupun hujan, seperti sudah dijelaskan diawal. Mereka terus melaksanakan tugas dengan ikhlas menemui satu demi satu masyarakat Desa Bukaka. Baik yang berada di desa maupun pada saat mereka berada di kebun.

Hal ini dilakukan, agar proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab untuk mendapatkan data yang akurat, dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 serentak nanti.

Ditempat terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim Rusmin Mamonto ketika dimintai tanggapan terkait tuntasnya pelaksanaan pemutakhiran data pemilih di Desa Bukaka menyampaikan, bangga atas kinerja dari Pantarli, PPS, dan PKD.
“Kami bangga sekaligus menyampaikan apresiasi ketika mengetahui bahwa proses pemutakhiran data pemilih di Desa Bukaka sudah selesai dilaksanakan oleh Pantarli yang didampingi langsung oleh PPS dan PKD,” jelas Ketua KPU penuh bangga.

Senada juga disampaikan oleh Divisi Sosialisasi Masyarakat dan SDM Ikal Salahe, “Kami bangga dan menyampaikan apresiasi kepada Pantarli, PPS dan PKD Desa Bukaka yang sudah menyelesaikan proses pemutahiran data pemilih di Desa Bukaka. Kami menyadari bahwa sudah tentu dalam melaksanakan tugas pemutahiran data pemilih, mereka pasti diperhadapkan dengan berbagai tantangan panas maupun hujan,” kata Ikal. Apa lagi tambah Ikal bahwa Bukaka merupakan salah satu desa yang masi terisolir. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat petugas Pabtarkuh demi tanggung jawab melakukan pemutahiran data pemilih”, ucap Ikal Salehe bangga.* psb

Share :