Tolitoli, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Universitas Madako Tolitoli bersama ACER akan menggelar Workshop di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada Tanggal 30 November hingga 1 Desember 2022, di Hotel Mitra Tolitoli.

Workshop yang digagas Universitas Madako Tolitoli bersama ACER tersebut mengangkat tema “Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Dan Transformasi Digitalisasi”.

Mengingat saat ini Indonesia gencar untuk mengoptimalkan program peningkatan penggunaan Produk dalam negeri (P3DN) yang bertujuan diantaranya untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Mutiara Sarifah Hidayat K. S.IKom kepada Media.

Dikatakannya bahwa kegiatan ini diadakan  pertama untuk meningkatkan minat terhadap Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Kabupaten Tolitoli. Kedua, untuk meningkatkan pemahaman terhadap pentingnya penanganan cyber di daerah.

“Workshop ini merupakan upaya nyata dari ACER dan Universitas Madako Tolitoli untuk membina mahasiswa, sesuai dengan implementasi P3DN didasari oleh beberapa peraturan perundang undangan terkait. Diantaranya, undang undang nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian yang menyebutkan adanya kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang/jasa,” jelasnya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana bahwa kegiatan Workshop, sangatlah penting untuk mensinergikan berbagai informasi tentang pelaksanaan P3DN di kabupaten Tolitoli secara aktual.

Karena itu, pihaknya berharap agar para peserta dapat mengikuti serta menyimak dengan sebaik baiknya setiap materi yang disampaikan oleh pemateri/narasumber. Sehingga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang nyata untuk pelaksnaan P3DN di daerah.

“Saya berharap kepada para peserta agar mengikuti sebaik baiknya materi yang diberikan, serta menyimak dengan cermat materi yang disampaikan oleh Pemateri/Narasumber,” harapnya

Menurut Ketua Panitia pelaksana bahwa pemateri yang akan dihadirkan yaitu Rektor Universitas Madako Tolitoli Dr.Ir.Hj. Nursidah Kasim, MM, Presdir ACER Herbet Ang, yang diwakili Toni Eko Priono dan Valdino Hutahaen sebagai pembicara. Dari akademisi Prof.Dr.Muchtar Marhum, M. Ed., P.hd dari Universitas Tadulako Palu serta pemateri dari pemerintah  yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Kadis perdagangan, Kadis Kominfo, Kadis Pendidikan dan kebudayaan.

Langkah yang dilakukan oleh Universitas Madako Tolitoli untuk meningkatkan kecintaan produk dalam negeri adalah cara yang efektif.

“Harapan kedepan produk-produk dalam negeri itu bisa dicintai oleh masyarakat Tolitoli sendiri Dicintai oleh masyarakat Sulawesi Tengah, Indonesia,” ujarnya.

Pelaksanaan Workshop P3DN yang akan digelar Universitas Madako Tolitoli bersama ACER di Kabupaten Tolitoli di harapkan akan memberikan pemahaman tentang pentingnya produk dalam negeri.

“Semoga kegiatan Workshop ini berjalan lancar dan sukses dan hasilnya dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya Produk Dalam Negeri yang menjadi bagian dari masyarakat,” jelas Mutiara Sarifah.* alm

Share :