Koromatantu Morut, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Terpilihnya Alfianus Doe sebagai Kades Koromatantu pada Pilkades serentak Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng), 13 Juli lalu, sejak awal sudah diprediksi banyak kalangan. Rata-rata menjagokan lelaki yang berlatar belakang swasta itu.

Dengan visi memajukan bidang kesehatan, mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat dan memupuk persatuan pada Pilkades tersebut, mampu mengalahkan tiga pesaingnya yakni Lukman Lauende, Sartiman Mbe’o dan Sudarmon Mapede. Termasuk rival utamanya Juti Harsen Lalundo sang incumbent (inkamben).

Panitia Pilkades Koromatantu pose bersama disela acara

Afianus yang berada dinomor urut 3 memenangi Pilkades Koromatantu pada pertarungan penuh prestise. Alfianus melibas 254 suara dari 618 suara yang diperebutkan atas 716 wajib pilih dari 718 DPT. Pemenang kedua nomor urut 4 yakni Sartiman Mbe’o nomor urut 2 dengan perolehan 164 suara. Sedangkan inkamben Juti Harsen Lalundo dinomor urut 1 memperoleh 122 suara, disusul Sudarmon Mapede yang meraih 72 suara serta yang paling buntut Lukman Lauende mendapat 34 suara.

Pada debat kandidat yang dipandu moderator Sandy Zulriad Papasi, SPi berlangsung seru, memang Alfianus terlihat unggul. Apalagi saat momen penyampaian visi misi, nampak terstruktur dan menyentuh kepentingan masyarakat.

Info yang diperoleh CBN baru-baru ini menyebutkan, pada TPS 1 lokasi Balai Desa Koromatantu jumlah
: wajib pilih (WP) 405. Di
TPS 2. Kantor Desa Koromatantu, 311 WP.

Sandy Zulriad Papasi, SPi  saat memandu debat – Latar samping para kandidat

Dalam catatan CBN, ada WP tidak masuk dalam DPT. Salah satunya, berdasarkan administrasi kependudukan lantarab yang bersangkutan terdaftar sebagai penduduk Desa Dolupo Karya, Kecamatan Lembo Raya. “Ini sumber dari Pemdes setempat. Juga berdasar info Pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022, tgl 13 Juli 2022. Dan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilaksanakan di TPS 1 fan TPS 2 Desa Koromatantu,” jelas Sandy Zulriad Papasi.

Sandy yang juga salah satu tokoh pemuda Koromatantu menambahkan, selain semua wajib pilih tuntas memberikan hak pilihnya, juga
Kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkades Koromatantu terlaksana sukses dan aman atas kerjasama Panitia Pilkades yang terkoordinasi solid.* szp

Share :