CBN, PangkalpinangPemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pangkalpinang menyalurkan 76 ton cadangan pangan pemerintah (CPP), bantuan pangan beras tahap II bulan September untuk tujuh kecamatan di Kota Pangkalpinang.

Kecamatan Gerunggang, menjadi lokasi pertama penyaluran CPP Tahap II Tahun 2023, Senin (18/9/2023).

Penyaluran CPP dilakukan sebagai upaya menanggulangi kekurangan pangan akibat gejolak harga pangan, bencana alam dan sosial, maupun keadaan darurat.

“Alhamdulillah senang lah kami dapat beras, jadi lebih hemat nanti tidak susah lagi beli beras,” ujar Nurhani (63) warga Kelurahan Bukit Tani, Pangkalpinang saat ditemui Bangkapos.com yang sedang menunggu gilirannya dipanggil.

Apalagi diakuinya, kini harga beras naik tidak lagi seperti biasanya.

“Sekarang beras naik, Alhamdulillah rupanya malah dapat bantuan beras. Jadi lah cukup seminggu ni, biasanya beli beras langsung untuk sebulan karena beras ni lah yang penting. Biarpun lauk telur tapi kalau beras lah di rumah aman,” tuturnya.

Kata Nurhani, bantuan beras tahap pertama kemarin juga ia dapatkan.

“Alhamdulillah ini tentu membantu kami, apalagi harga beras yang naik ni kan,” ucapnya.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyebutkan, bantuan beras cadangan pangan tahap II di bulan September ini memang diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Total ada 7.689 karung beras yang kita berikan kepada masyarakat yang membutuhkan diseluruh Kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang,” sebut Molen kepada awak media, Senin (18/9/2023).

Bantuan beras Bulog kemasan 10 Kg itu, kata Molen memang direncanakan dibagikan kepada masyarakat setiap tiga bulan sekali, dibagi menjadi tiga tahapan.

“Kemarin tahap I sudah, ini tahap II, hari ini kita serahkan di Kecamatan Gerunggang, selanjutnya nanti di Kecamatan lain seluruh Pangkalpinang. Bantuan beras ini untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” sebutnya.

Molen menambahkan, ke depan untuk tahap III akan diupayakan lebih banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan beras ini.

“Apalagi kita tau sendiri harga beras sekarang naik, nah ini adalah salah satu upaya kita untuk membantu masyarakat serta upaya kita untuk menekan angka inflasi juga,” terangnya. ( RedCBN86 )

Share :