CBN, SungailiatPenyakit kaki gajah atau filariasis disebabkan oleh infeksi cacing jenis filaria pada pembuluh getah benih dan dapat menular dengan gigitan nyamuk..

Sebagai wujud kepedulian akan kesehatan masyarakat dalam mencegah penyakit kaki gajah Babinsa Sungailiat anggota Koramil 413-01/Sungailiat terus melakukan pendampingan tim Kesehatan Puskesmas dan aparat kelurahan dalam rangka Survey Transmission Assessment Survey (TAS) pengambilan sampel darah untuk penyakit kaki gajah bertempat Lingkungan Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa ( 01/08/2023).

img 20230802 wa0005
img 20230802 wa0005

Pelda Agustiono menjelaskan, kegiatan pendampingan ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila memang ada temukan penyakit kaki gajah supaya segera diantisipasi tidak menyebar ke wilayah lainnya.

” Penyakit Kaki Gajah merupakan jenis penyakit yang berpeluang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh maka dari itu kami berharap dengan adanya kegiatan ini kepada warga bisa mengantisipasi agar terhindar dari penyakit kaki gajah, ” ujarnya.

img 20230802 wa0008
img 20230802 wa0008

Kami menghimbau agar tetap jaga kebersihan lingkungan, hindari tempat perkembiakan nyamuk, karena penyakit kaki gajah menular melalui gigitan nyamuk yang mengisap darah seseorang yang mengandung cacing filaria, sehingga nyamuk yang terinfeksi ini akan menyebar cacing filaria ketika mengigit orang lain, sehingga Larva cacing filaria kemudian akan tinggal di dalam pembuluh getah benih, didalam inilah larva filaria akan tumbuh dewasabdan berkembang biak menimbulkan gejala penyakit kaki gajah, ” pungkasnya.

Pendim413Bangka.

Share :