img 20241012 wa0011

CBN, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10, Batalyon Arhanud 16 Kostrad menghidupkan kembali Tradisi Destamar, yang merupakan salah satu kebanggaan satuan dengan ikon Burung Maleo. Komandan Batalyon, Letkol Arh Edwin Hermawan, memimpin langsung pelaksanaan tradisi ini, Kamis (10/10/2024).

Tradisi Destamar, atau Long March menuju Desa Sapta Marga, menempuh jarak 13 km dari homebase Yon Arhanud 16/SBC/3 Kostrad. Kegiatan ini bukan sekadar jalan kaki biasa, melainkan untuk mengenang sejarah awal terbentuknya satuan Arhanud yang dulunya berada di bawah Kodam Wirabuana, kini menjadi bagian dari Divisi Infanteri 3 Kostrad.

Komandan Batalyon juga memodifikasi beberapa aspek tradisi ini untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, tanpa mengubah esensi semangat juang prajurit Maleo. Refleksi perjalanan satuan serta pencapaian prestasi juga menjadi bagian dari kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan prajurit baru terhadap satuan yang mereka bela. Tradisi Destamar merupakan warisan yang akan terus diteruskan kepada generasi berikutnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Share :