img 20240707 wa0065

CBN, Jakarta, sthm.mil.id Mayor Chk Sator Sapan Bungin, S.H., M.H., Kabagpamperslog STHM Ditkumad yang ditunjuk sebagai Training Commander, bersama Lettu Chk Haeru Purwanto, S.T.Han., S.H., Pasirendik Sirenmindik Pusdikkum Ditkumad sebagai Pasiopslat dan Lettu Chk Alyssa Sekarini, S.Tr.Han., S.H. kaurbagtar subditbindiklat ditkumad sebagai Pasiminlog dalam latihan bersama Legal Subject Matter Expert Exchange (Legal SMEE) Tahun 2024 antara Korps Hukum TNI AD dan Korps Hukum Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army JAG Corps) memaparkan kesiapan Legal SMEE secara luring di ruang rapat SLATAD MABESAD. Jumat (5/7/24).

img 20240707 wa0064
img 20240707 wa0064

Paparan rangkaian penyiapan latihan bersama Legal Subject Matter Expert Exchange (Legal SMEE) Tahun 2024 antara Korps Hukum TNI AD dan Korps Hukum Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army JAG Corps) ini di paparkan kepada ASLAT KASAD yang di wakili oleh Paban VI/Kermalat Non Asean Slatad, Kolonel Inf Samuel Jefferson Aling, S.I.P., pada Hari Kamis 4 Juli 2024. Turut hadir Pabandya-2/Latma Non Asean Spaban VI/Kermalat Non Asean Slatad Letkol Inf Arif Hermad, S.I.P. dan Kaur Evkerma Non Asean Spaban VI/Kermalat Non Asean Slatad Kapten Inf M. Dian Kurniawan.

LEGAL SMEE adalah kegiatan latihan bersama antar Korps Hukum kedua negara yang bertujuan untuk membahas isu-isu hukum kontemporer yang berkembang saat ini di tingkat global seperti Artificial Intelligence dan Autonomous Weapon dari perspektif hukum, Cyber law terkait dengan operasi militer dan yang saat ini sedang marak diperbincangkan dalam komunitas hukum internasional yaitu Lawfare dan Counter Lawfare.

img 20240707 wa0062
img 20240707 wa0062

Dalam paparannya, Mayor Chk Sator Sapan Bungin, S.H., M.H. menjelaskan seluruh kesiapan Korps Hukum TNI AD dalam menyelenggarakan latihan bersama ini, yang rencananya akan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) serta melibatkan seluruh Mahasiswanya, dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran serta materi-materi yang akan dilatihkan. (Pen STHM)

Share :