Babar Cakrabhayangkaranews.com (CBN) –Rangkaian TMMD ke 116 Kodim 0431/Babar — salah satunya penyuluhan — untuk tahun 2023, sukses terlaksana. TMMD yang dilaksanakan

di Desa Tebing dan Air Bulin Kecamatan Kelapa, Senin (22/05/2023), salah satunya berupa penyuluhan Materi Kampanye Kreatif Werving Sepanjang Tahun. Selain itu juga diberikan materi Bela Negara dalam Program TMMD ke 116 yang digelar di Gedung serba guna SMAN 1 Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

screenshot 20230522 151941 1
Menurut Serma Selamet keoada CBN, sebagai narasumber Pasi Ops Kodim 0431/Babar Kapten Inf M.Yusuf.

Serma Selamet menjelaskan, disesion tersebut hadir para guru pengajar dan Humas SMAN 1 Kecamatan Kelapa. Selain itu ikut pula 196 siswa siswi kelas Xl SMAN 1 Kecamatan Kelapa.

Penyuluhan yang diberikan gambar Selamet, berupa materi Bela Negara. Mencakup — diantaranya — makna Bela Negara yakni kesadaran dan tindakan warga negara yang diterapkan karena cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, guna memastikan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

screenshot 20230522 151944 1
Dalam materi tersebut, Tujuan dan Fungsi Bela Negara yakni mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, melestarikan budaya, menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 serta berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Seksligus, menjaga identitas dan integritas bangsa negara.

Selamet menyebut, pada kegiatan penyampaian materi Bela Negara, ditayangankan pula video tentang perjuangan para pahlawan, dan Latihan TNI Angkatan Darat.

Dikesempatan materi Kampanye Kreatif dan Werving tersebut, disisipkan pula informasi terkait penerimaan Prajurit Karir TNI AD kepada para pelajar untuk dapat berpartisipasi mengikuti seleksi Menjadi Prajurit Karir Perwira, Bintara, Tamtama TNI AD.

Selamet juga menjelaskan, persyaratan umum pada saat memberikan materi seleksi kepada pelajar. Yakni tata cara mengikuti pendaftaran menjadi Prajurit TNI AD Yakni:

screenshot 20230522 151949 1
1. Harus WNI

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia kepada Negara Kesatuan RI, menaati Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.
4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.
5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata
6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

screenshot 20230522 151947 1
Lanjutnya, untuk tempat pelaksaan mengikuti seleksi menjadi Prajurit TNI AD berada di AJENREM 045/GAYA Pangkalpinang. Kemudian, saat mengikuti seleksi nantinya para pelajar akan mengikuti beberapa tahapan berupa:

1. Administrasi
2. Kesehatan
3. MI
4. Psikotes, serta
5. Pantohir

Dari beberapa penjelasan terkait Sosilisasi Kampanye Kreatif dan Werving Sepanjang Tahun Kodim 0431/Bangka Barat, diharapkan nantinyscpara pelajar berminat untuk mengikuti Seleksi menjadi Prajurit TNI. Terkait itu, diimau agar mempersiapkan diri dari awal untuk memeriksakan kesehatan guna mengetahui kekurangan atau penyakit dari calon prajurit sebelum mengikuti Seleksi menjadi Prajurit TNI AD.* rom

Share :