1700633998559

CBN, PANGKALPINANGNelayan di Perairan Batu Hitam Mengkubung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka menjerit.

Pasalnya, tempat yang seharusnya menjadi tempat mereka memenuhi kebutuhan hidup, malah di rambah puluhan hingga ratusan Ponton Isap Produksi (PIP) yang mencari biji timah.

Berdasarkan video dari salah satu media online, terdengar suara nelayan yang tampak menaruh harapan di pundak Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Tornagogo Sihombing dan jajarannya untuk turun tangan menindak aktivitas tambang timah ilegal di Batu Hitam tersebut.

“Hari ini kami masyarakat nelayan resah karena TI ilegal ini sudah beroperasi di wilayah nelayan. Kami harap pak Kapolres Bangka, pak Kapolsek Belinyu pak Kapolda untuk menindak tegas tambang tambang laut ilegal ini keluh kesah kami mohon ditindaklanjuti,” pinta nelayan dalam video.

Masyarakat Nelayan Mengkubung, Desa Riding Panjang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka resah dengan aktifitas penambangan ilegal di wilayah tangkap mereka di perairan batu hitam.

mereka meminta dan berharap kepada Kapolsek, Kapolres dan Kapolda untuk menindaklanjutinya.

Ditempat berbeda, Nelayan yang lainnya juga mengucapkan hal serupa.

Dikatakannya, mereka bahkan sudah berulang kali meminta kepada APH untuk menindak tegas aktivitas tambang disana, karena menyusahkan para nelayan untuk mencari ikan.

“Kami masyarakat nelayan telah berulang ulang kali mengatakan kepada aph untuk menindak tegas segala bentuk tambang tambang ilegal yang ada di wilayah tangkap nelayan desa Riding panjang, Rumpak Batu Hitam hari ini beroperasi. Pak Kapolda, pak Kapolres, lihatlah kami masyarakat nelayan di serang aktivitas TI ilegal,” ketus nelayan lainnya.

Dalam video yang berdurasi 49 detik itu juga terdengar jelas harapan para nelayan terhadap Kapolda Babel dan jajaran, untuk menindak para kordinator dan oknum pengusaha yang menambang di wilayah tangkap nelayan.

“Kami mohon pak kapolda untuk menidak tegas tambang-tambang laut, batu Hitam Perairan Mengkubung, kuduk dan pulau padi. Lihatlah kondisi kami pak. Kami minta pak Kapolda juga menindak kordinator – kordinator dan oknum pengusaha yang menambang di wilayah tangkap nelayan ini,” harap para nelayan. ( Tim )

Share :