Malang, CBN – Perlu diketahui bahwa, salah satu budaya yang menjadi identitas masyarakat kota Malang adalah budaya gotong royong. Oleh karena itu, sang Babinsa mengajak masyarakatnya, untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang ada, dengan jalan melakukan gotong royong, Sabtu (16/09/2023). 

Hal ini pun ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 0833/02 Kedungkandang, Kelurahan Bumiayu, yakni Pelda Sugiantoro dan Koptu Aris, bersama Linmas dan masyarakat binaannya, yang berani terjun tangan untuk membersihkan bantaran Sungai Brantas yang melintasi Kelurahan Bumiayu RW. 03, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

img 20230916 wa0030

Dalam kegiatannya, Pelda Sugiantoro mengungkapkan bahwa, Pihaknya melakukan pembersihan Bantaran Sungai Berantas, dimulai dari membersihkan sampah, hingga ranting-ranting pohon bambu, untuk mencegah terjadinya banjir, akibat tumpukan sampah.

“Kegiatan gotong royong atau kerja bakti yang kita lakukan hari ini, akan terfokus pada pengambilan sampah yang menyumbat di seputaran bantaran Sungai Brantas, dan melewati wilayah RW 03.

“Nantinya, kegiatan ini akan dilakukan pengembangan, agar bisa dilaksanakan secara rutin, dan memberikan dampak yang baik, bagi lingkungan sekitar,” ungkapnya.

img 20230916 wa0031

Lebih lanjut, selain untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya banjir.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bukti kepedulian Babinsa terhadap warganya. Dan saya harap, melalui kegiatan ini, hubungan di antara TNI dengan rakyatnya, semakin baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua koordinator BTS (Bumiayu Tepi Sungai), yakni Bpk. H. Khamim, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Babinsa, atas support dan kerja samanya. Sebagai penutup, Babinsa memberikan himbauan kepada warganya.

img 20230916 wa0032

“Saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan di Bantaran sungai, terutama sampah rumah tangga. Karena, hal itu bisa mengakibatkan banjir,” pungkasnya.

Cdr – CBN

Editor: R.A – CBN

 

Share :