Merauke – Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Selatan Yonif 726/Tml terus melaksanakan patroli di sepanjang garis batas negara RI-PNG. Selain mengecek situasi wilayah di perbatasan, tujuan lainnya memastikan pilar patok batas negara tidak bergeser dan dalam keadaan baik, Minggu (07/07/2024).

Memastikan pilar patok batas negara merupakan salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 726/Tml yang saat ini melaksanakan tugas pengamanan wilayah perbatasan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004.

Perwakilan personel Pos Kaliwanggo yang berjumlah kurang lebih 10 orang dipimpin oleh Serda Asmar bergerak dengan berjalan kaki menuju titik koordinat yang telah ditentukan memantau situasi dan menyisir hutan yang menjadi sektor Pos Kaliwanggo.

Setelah menempuh waktu kurang lebi 6 jam tim patroli menemukan pilar patok type B 470 dengan jarak tempuh kurang lebih 18,2 Km dari start tim patroli bergerak.

Jumlah pilar patok yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif 726/Tml berjumlah 181 pilar patok, terdiri dari type MM, A dan B, adapun saat ini yang telah terdeksi dan dicek secara nyata berjumlah 129 pilar masih dalam keadaan baik.

Kondisi pilar patok batas negara bila masih berdiri tegak pada koordinatnya dan tidak memgalami perubahan menandakan bahwa teritorial keadaulatan negara indonesia masih terjaga dengan baik di wilayah yang berbatasan dengan negara PNG.

Share :