1684769085235

MalangCakrabhauangkaranews.com (CBN) –Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H, M.Han menghadiri Launching “Centingan Mass” dalam rangka Penyerahan Bantuan dan Aksi Pendampingan dan Percepatan Penurunan Stunting yang digelar Korem 083/Bdj berkerja sama denga BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan virtual ke jajaran Korem 083/Bdj.
Bertempat di Aula Untung Suropati
Jalan Bromo 17 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang, Senin (22/5/2023).

Dalam sambutannya Danrem 083/Bdj Kolonel Inf M.I Gogor A.A mengatakan, Slogan ”Centingan Mas” kepanjangan dari Cegah Stunting Pendampingan Masyarakat dan Ayah Sadar Stunting. ”Centingan Mas” sebagai sasaran kegiatan dan ajakan kepada masyarakat luas. Harapannya, dengan launching yang kita laksanakan hari ini, dapat mensosialisasikan kepada masyarakat dan menjadi familiar tergugah memiliki tanggung jawab bersama dalam percepatan penurunan Stunting. Kegiatan yang tidak hanya pendampingan kepada anak beresiko Stunting namun seiring dengan itu, akan kita mulai mensosialisasikan kepada kaum ayah untuk memahami, mengerti dan mengimplementasikan diri bahwa anaknya harus terawat dengan baik menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi yang unggul, jelasnya.

Lebih lanjut, Launching Pendampingan Stunting “Centingan Mas” ini juga di harapkan, tidak hanya memberikan bantuan tapi juga memberikan edukasi dan pendampingan mengenai pola hidup sehat. Melalui Program Launching pendampingan Stunting “ Centingan Mas ” Pendampingan, Konseling, dan Pemeriksaan Kesehatan dapat berkontribusi sebagai upaya percepatan penurunan Stunting di wilayah Korem 083/Bdj. Mari kita bersama-sama berkoordinasi, bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung program ini, ujarnya.

Danrem 083/Bdj, kita berupaya mengentaskan Stunting pada 25 anak Se-Malang Raya dengan bantuan 6 Mitra sebagai Bapak Asuh Stunting. Demikian halnya pelaksanaan hari ini berlaku di wilayah Kodim jajaran Korem 083/Bdj. Pemberian bantuan dalam bentuk makanan siap saji yang didistribusikan kepada rumah tangga dengan pengawasan para Babinsa di wilayahnya. Tentunya sumbangsih Mitra akan dipertanggungjawabkan secara terbuka dan transparan.

Masa depan kita tergantung pada aksi dan langkah kolaboratif yang kita lakukan sekarang. Dalam menyongsong masa depan, kita harus optimis namun tidak boleh lengah. Anak-anak adalah bagian dari masa kini dan masa depan. Sekarang kita rawat mereka, kelak mereka yang merawat bangsa.

Kepala BKKBN Provinsi Jawa Timur yang di wakili Sekretaris Badan Ibu Nyigit Wudi Amini, S.Sos, M.Sc. menyampaikan, Ini merupakan acara yang luar biasa kami mewakili pimpinan menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya. Berbicara tentang Stunting, maka program bapak asuh anak Stunting ini sangat efektif dalam membantu pemerintah dalam menurunkan Stunting, ucapnya.

Ia Menambahkan, di Jatim angkanya masih dibawa Nasional. Tetapi masih 19% dan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, tetapi disabilitas antar kota cukup tinggi di kabupaten Malang yaitu 27% di Batu juga masih cukup tinggi dan kota Malang sudah lumayan, jelasnya.

Lebih lanjut, ini tentu kita harus bekerja keras karena targetnya di 2024 harus turun menjadi 14% ini merupakan target dari bapak presiden tentu ini bukan hal yang mudah tetapi bukan hal yang tidak mungkin tidak tercapai andai saja tidak keterlibatan semua pihak yang saling bekerja sama dan bekerja dengan nyata, jelasnya

Sementara Dandim 0833/Kota Malang Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H, M.Han menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya atas penanganan Stunting di wilayah Jawa Timur dan Malang Kota khususnya.

Upaya penurunan Stunting bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk pemerintah daerah, desa/kelurahan, akademisi, media, swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan mitra, untuk menyelesaikan upaya tersebut dalam percepatan penurunan Stunting, jelasnya.

Hadir dalam acara ini, Para Dandim jajaran Korem 083/Bdj, Para Kepala BKKBN di wilayah Korem 083/Bdj, Para Kepala Dinas Kesehatan di wilayah Korem 083/Bdj, Para Mitra Bapak Asuh Stunting di wilayah Korem 083/Bdj, Para Kasi Korem 083/Bdj dan Perwira Staf Kodim jajaran Korem 083/Bdj.* pendim 0833

Share :