JakartaCakrabhayangkaranews.com (CBN) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-61, Yonif Para Raider 501 Kostrad menyelenggarakan kesenian wayang kulit di Mayonif Para Raider 501 Kostrad, Kota Madiun, Jawa Timur. Senin (4/4/2022).

Wayang kulit dengan Lakon “Seno Tandang” dan Dalang “Ki Yogi Bagong” turut dimeriahkan oleh Pelawak ternama Kirun, dimulai sejak pukul 21.00 WIB dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Madiun, masyarakat Kota Madiun, prajurit Yonif Para Raider 501 Kostrad beserta keluarga.

Kegiatan ini merupakan tradisi satuan yang rutin dilakukan setiap tanggal 4 April dimana bertepatan dengan hari jadi Yonif Para Raider 501 Kostrad.

Sejak berdiri tahun 1961, Yonif Para Raider 501 Kostrad yang dahulu bernama Yonif 530 Para memperingati HUT dengan menyelenggarakan kesenian wayang kulit yang dahulu sangat di gemari oleh hampir seluruh masyarakat.

Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 501 Kostrad Mayor Inf Arief Widyanto menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan tradisi satuan yang rutin dilakukan, dimana seluruh prajurit beserta keluarga berkumpul bersama masyarakat sekitar untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Masyarakat pun diijinkan untuk berjualan di sekitar panggung. Hal ini menujukan bahwa tidak ada batas antara masyarakat dengan prajurit, membaur bersama untuk merayakan HUT ke-61 Batalyon. Kedekatan dengan masyarakat memang sudah terbentuk sejak lama.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol Covid-19 dengan cara memakai masker dan pengecekan kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Selain sebagai suatu tradisi satuan yang rutin dilaksanakan, kesenian wayang kulit yang diselenggarakan oleh Yonif Para Raider 501 Kostrad ini adalah bukti bahwa sebagai prajurit Kostrad senantiasa melestarikan kekayaan bangsa berupa kesenian wayang kulit, serta mengenalkan kepada generasi penerus tentang kekayaan bangsa yang bukan hanya kekayaan alam saja namun kekayaan budaya.* har – penkostrad