1701772241574

CBN, Babel – Polda Bangka Belitung menggelar Syukuran HUT Polairud yang Ke-73. Kegiatan Syukuran ini dilaksanakan di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Selasa 5 Desember 2023.

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Dr. Tornagogo Sihombing, S.I.K, M.Si, CRGP turut hadir dalam kegiatan syukuran HUT Polairud.

Selain itu, hadir juga Wakapolda, Brigjen Drs Sugeng Suprijanto, S.H, Irwasda, Para Pejabat Utama serta Kapolres/ta Jajaran.

img 20231205 wa0139
img 20231205 wa0139

Syukuran ulang tahun ke-73 Korpolairud Baharkam Polri tahun ini mengangkat tema “Polairud Presisi siap mengamankan Pemilu damai menuju Indonesia maju”.

Kapolda dalam amanatnya membacakan sambutan Kapolri menyampaikan rasa bangga kepada keluarga besar Korpolairud Baharkam Polri dimanapun berada.

Ia berharap Korpolairud Baharkam Polri dapat terus menjadi Bhayangkara penjaga Dirgantara dan Bahari nusantara yang selalu siap memberikan dharma bakti terbaik demi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

img 20231205 wa0137
img 20231205 wa0137

Korpolairud Baharkam Polri juga secara aktif melaksanakan kegiatan rutin melalui upaya preemtif dan preventif seperti patroli rutin, penjagaan perbatasan dan pengamanan objek vital di laut serta hotspot area labuh jangkar sehingga berhasil menurunkan angka kriminalitas di laut.

“Tentunya, kita patut berbangga karena dengan kerja keras ini, Biro Maritim Internasional memberikan apresiasi kepada Kopolairud Baharkam Polri.”Katanya.

Bukan hanya itu, Korpolairud Baharkam Polri juga turut memberikan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan bakti sosial, penanaman bakau serta berinovasi menjadikan kapal patroli sebagai perpustakaan terapung.

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan terluar.

img 20231205 wa0138
img 20231205 wa0138

“Melihat berbagai capaian prestasi yang berhasil ditorehkan oleh personel Korpolairud Baharkam Polri, maka sepanjang tahun 2023 Polri telah memberikan penghargaan berupa 5 promosi pendidikan (4 SIP dan 1 Sespimti), 2 Pin Emas, dan 2 Piagam Penghargaan.”ungkap Kapolda.

“Kemudian terkait pengamanan event nasional maupun internasional. Kedepan kita akan menghadapi berbagai event seperti Nataru, WSBK dan Moto GP Mandalika, AFC U17 Women’s Asian Cup, World Water Forum, Formula E, Motocross Grandprix, PON XXI 2024, Idul Fitri dan Idul Adha. Berikan dukungan penuh baik personel maupun sarpras agar keamanan event dapat dipastikan sehingga dapat memberikan multiplier effect terhadap ekonomi nasional dan international trust Indonesia.”tambahnya.

Tantangan selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu pengamanan Pemilu 2024. Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar karena pertama kali dilaksanakan serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu, berikan dukungan secara optimal, khususnya dalam pendistribusian logistik Pemilu. Kerahkan kapal, pesawat dan helikopter Polri sehingga dapat menjangkau wilayah terpencil dan terluar.

Selain itu, ia meminta jajaran Polairud harus dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan menjadi simpul-simpul perekat persatuan dan kesatuan bangsa dengan menanamkan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sehingga polarisasi dapat kita hindari demi mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

“Jaga terus kehormatan dan nama baik Korpolairud Baharkam Polri, serta pegang teguh Tribrata dan Catur Prasetya sebagai pedoman hidup maupun pedoman kerja sehingga kita dapat mewujudkan sosok Polri yang dekat dan dicintai masyarakat, sebagaimana Transformasi Menuju Polri yang Presisi.”Tutup Kapolda.

( Herry CBN )

Share :