Keterangan: Helikopter BNPB type AS350B3e/PK-DAP tiba di Posko Kaliandra, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jumat (8/9/2023). (FOTO; Dok.BPBD Jatim)

Pasuruan, CBN – Kepala BNPB, yakni Letjen TNI Suharyanto, melakukan peninjauan di area kebakaran Gunung Arjuno. Dengan menggunakan helikopter, melalui Posko Kaliandra, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, pihaknya melakukan pengecekan di lahan seluas 4.700 hektar,  yang telah hangus, Jum’at (08/09/2023).

Setelah dilakukan peninjauan ulang, Suharyanto memastikan bahwa, dirinya akan menerjunkan satu helikopter water bombing lagi, untuk memperkuat pemadaman api di Gunung Arjuno. Helikopter water bombing super puma yang akan digunakan untuk memadamkan api di Gunung Arjuno, sebelumnya telah melakukan pemadaman api di TPA Sarimukti Bandung.

Nantinya, dengan adanya penambahan helikopter water bombing yang diterjunkan. Beli berharap, agar hal ini dapat membuat pemadaman api berhasil dilakukan dalam satu atau dua hari ke depan. 

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan pernyataan tentang situasi kebakaran lahan hutan di Gunung Arjuno. 

“Secara umum, Alhamdulillah kondisinya sudah mulai terkendali. Sekalipun belum sepenuhnya padam, tapi sebagian besar sudah bisa dikendalikan,” ucapnya. 

Selain itu, Kepala BNPB memberikan apresiasi atas kerja keras Gubernur Jatim, Pangdam, dan Kapolda, yang telah bekerja sama dengan baik dalam operasi pemadaman kebakaran hutan di darat, yang hasilnya terbilang positif hingga saat ini.

Sebagai penutup, Beliau mengatakan bahwa, pemadaman yang dilakukan melalui jalur udara ini, merupakan solusi terakhir, yang digunakan ketika api berada di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh operasi darat.

R.A – CBN

 

 

Share :