1712292975168

CBN, Jakarta – Bertempat di Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Denharrahlat) Kostrad gunung Sanggabuana Karawang-Jabar, Jumat (5/4/2024), dilaksanakan upacara pembukaan latihan pembentukan Taipur X T.A 2024 dengan Irup Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. yang dihadiri oleh Kasdivif 1 Kosttrad, para Asisten Kaskostrad dan Kabalak Kostrad serta tamu undangan.

Latihan ini akan dilaksanakan dalam 6 Tahap, yaitu Tahap Pralat di Yonif 305 Kostrad. Tahap I (Basis) di Rahlat Sanggabuana. Tahap II (Opssus) di Cilodong, Kab. Bogor dan Cianjur. Tahap III (Hutan Gunung) di Cipatat, Cijalu dan Jonggol. Tahap IV (Aspek Laut) bertempat di Puskopaska Surabaya dan Tahap V (Aplikasi) dilaksanakan di Rahlat Sanggabuana dan Jatiluhur.

img 20240405 wa0167
img 20240405 wa0167

Kaskostrad Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. kepada segenap peserta latihan, “ Saya ucapkan ”selamat datang” di Kolat Base Camp Sanggabuana, Denharrahlat Kostrad. Di tempat inilah kalian akan dilatih, digembleng dan disiapkan untuk mencapai suatu kualifikasi dan kemampuan khusus yang menjadi syarat prajurit Taipur Kostrad”.

“Latihan pembentukan Taipur X Kostrad TA 2024 ini, dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan sekaligus memenuhi tuntutan organisasi, khususnya bidang personel sebagai langkah peremajaan atau kaderisasi personel prajurit Taipur satuan Batalyon Satria Sandi Yudha Kostrad yang kita miliki,” kata Kaskostrad.

img 20240405 wa0166
img 20240405 wa0166

“Perlu disadari bahwa Batalyon Satria Sandi Yudha merupakan mata dan telinga Kostrad dan prajurit Taipur merupakan bagian dari Batalyon Satria Sandi Yudha yang salah satu tugasnya adalah senantiasa menjadi satuan pemukul di daerah penugasan operasi di daerah yang rawan. Oleh karena itu, prajurit Taipur sebagai bagian dari satuan ini harus benar-benar handal dan diyakini kemampuannya, sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal dan berprestasi, seperti yang telah diperlihatkan oleh prajurit-prajurit Taipur terdahulu.,” tambah Kaskostrad.

Selain itu, Kaskostrad berpesan sebelum dilaksanakan latihan ini, telah dilakukan penyiapan personel Taipur melalui proses perekrutan dan pentahapan seleksi yang ketat, mencakup aspek kesehatan, kesamaptaan jasmani dan psikologi. Dengan demikian para prajurit yang saat ini dinyatakan lulus dan siap untuk mengikuti latihan ini adalah personel yang telah terseleksi dengan baik dan memenuhi syarat untuk mengikuti latihan pembentukan Taipur X Kostrad TA 2024.

img 20240405 wa0169
img 20240405 wa0169

Kaskostrad menekankan kepada Danlat beserta segenap pelatih dan pendukung latihan, agar melaksanakan tugas pelatihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Laksanakan semua program latihan dengan disiplin dan wujudkan suatu mekanisme latihan dengan tingkat realisme yang tinggi guna tercapainya tujuan latihan yang telah ditetapkan dan senantiasa mengedepankan faktor Pengamanan dan Keamanan Nomor 1 serta Zero Accident.

Pertama, Laksanakan latihan dengan baik dan benar, penuh kesungguhan, serius dan penuh konsentrasi, karena kalian akan dilatih dengan keras agar menjadi prajurit andalan Kostrad yaitu prajurit Taipur yang Jago Perang, Jago Fisik, Jago Menembak, Jago Beladiri dan Disiplin.

Kedua, Motivasi diri agar senantiasa memiliki mental dan fisik yang prima untuk menghadapi setiap pentahapan latihan yang telah disiapkan oleh para pelatih.

Ketiga, Kembangkan diri untuk menjadi prajurit yang memiliki pengetahuan dan kemampuan bertempur. Kritis, jeli dan peka terhadap segala macam situasi serta tumbuhkan jiwa korsa diantara sesama pelaku, sehingga kalian menjadi kompak, saling peduli, saling mengingatkan, saling bekerja sama dan saling membantu, karena semua itu akan sangat berguna saat pelaksanaan tugas operasi.

Keempat, Senantiasa beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kalian diberikan kekuatan dan perlindungan untuk dapat menjalani latihan ini serta menyelesaikannya dengan baik.

“Saya berharap latihan yang akan dilaksanakan selama lebih kurang 29 minggu dapat memberikan kemampuan yang dibutuhkan untuk tugas-tugas combat inteligent, sehingga dalam setiap penugasan atau operasi dapat terlaksana tugas secara cepat, tepat dan tuntas sebagaimana moto satuan Pengintai Tempur Batalyon Satria Sandi Yudha Kostrad,” pungkas Kaskostrad. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Share :