oleh

Kolaborasi Bersama Dukcapil Jakarta Timur, Lapas Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Berikan Pelayanan Perekaman Biometrik dan KTP Elektronik Bagi Warga Binaan

Cipinang (09/01), Cakrabhayangkaranews.com –Berdasarkan Surat Kepala Dinas Kepandudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta Nomor : 6149/-082.74 Tanggal 15 Desember 2021 Tentang Pelayanan Perekaman KTP-EL Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas dan Rutan DKI Jakarta, Lapas Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bekerjasama dengan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Timur menyelenggarakan Pelayanan Perekaman Biometrik dan KTP Elektronik Bagi Warga Binaan Lapas Kelas I Cipinang.

Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai pada hari Senin (03/01) s.d Kamis (06/01), bertempat di aula gazebo Lapas Kelas I Cipinang. Tercatat terdapat sebanyak 814 warga binaan Lapas Kelas I Cipinang terlayani perekaman biometrik dan KTP Elektronik selama 4 (empat) hari kegiatan berlangsung.

Kegiatan diselenggarakan untuk melakukan pendataan, perekaman dan memberikan hak atas identitas kependudukan bagi warga binaan. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan identitas warga binaan yang akan digunakan sebagai dasar administrasi pelayanan publik, seperti kegiatan vaksinasi, syarat untuk dapat di daftarkan pada Jaminan Kesehatan Nasional/BPJS dan pemilu presiden di tahun-tahun mendatang.

Tonny Nainggolan selaku Kepala Lapas Kelas I Cipinang menyampaikan, “sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, mengamanatkan bahwa “Setiap WNI maupun WNA yang telah berusia 17 tahun atau pernah menikah, wajib memilki KTP,” tidak terkecuali bagi para warga binaan Lembaga Pemasyarakatan. Dalam memenuhi Hak Sipil Warga Binaan, melalui Dukcapil provinsi DKI Jakarta, tepatnya bersama Dukcapil Jakarta Timur kami menyelenggarakan Pelayanan Perekaman Biometrik dan KTP Elektronik Bagi Warga Binaan Lapas Kelas I Cipinang”, ujarnya.

Pada Selasa (04/01), Drs. Ibnu Chuldun Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta didampingi Marselina Budiningsih turut memantau langsung pelaksanaan perekaman biometrik dan KTP Elektronik di Lapas Kelas I Cipinang.

(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed