Jakarta – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Prajurit Yonif Para Raider 330/TD Kostrad melaksanakan latihan ground training dalam rangka mempersiapkan fisik guna mendukung latihan terjun penyegaran, Bertempat di lapangan Yonif Para Raider 330/TD Kostrad, Cicalengka, Jawa Barat. Sabtu (19/02/2022).

Pelaksanaan ground training ini merupakan salah satu dari tahapan yang wajib dilakukan oleh setiap para penerjun yang sudah memiliki kualifikasi PARA, baik personel yang akan melaksanakan terjun freefall maupun terjun statik.

Tujuan dilaksanakan latihan ground training ini adalah guna melatihkan dan mengingat kembali tahapan dalam proses penerjunan, serta memperkuat bagian-bagian tubuh serta meminimalisir terjadinya cedera saat proses exit pesawat hingga proses mendarat sehingga terciptanya zero accident.

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan hingga hari pelaksanaan terjun penyegaran, adapun materi yang dilatihkan pada saat ground training meliputi, perkuatan kaki, proses exit, mengatasi kesulitan darat, proses mengemudikan payung serta hal-hal yang perlu dilatihkan hingga pengepasan payung yang akan digunakan.

Danyonif Para Raider 330/Tri Dharma Kujang 1 Kostrad, Letkol Inf  Herbert Rony Parulian Sinaga menyampaikan, bahwa dengan melaksanakan latihan Ground Training ini diharapkan seluruh prajurit dapat memelihara kemampuan dan kesiapan dalam rangka pelaksanaan terjun penyegaran. Ikuti instruktur dan pelatih, perbanyak latihan penguatan kaki yang berguna sebagai tumpuan utama pada saat mendarat, teknik pelipatan dan latihan prosedur penerjunan.

“Teknik mendarat membutuhkan kekuatan pada otot kaki. Apabila otot kaki sudah di biasakan, teknik  mendaratpun menjadi sempurna. Dan kemungkinan resiko cidera sangat kecil,” tambah Danyon.* har – penkostrad

Share :