Jakarta, Cakrabhayangkaranews.comAkademi TNI menggelar acara Serah Terima Jabatan beberapa  pejabat terasnya yaitu Komandan Resimen Chandradimuka (Danmenchandra) Akademi TNI, Perwira Pembantu Perencanaan Program dan Anggaran Direktorat Umum (Pabanrenprogar Ditum) Akademi TNI, Perwira Pembantu Perencanaan Pendidikan (Paban Rendik) dan Perwira Pembantu Operasional Pendidikan (Paban Opsdik) Direktorat Pendidikan Akademi TNI bertempat di Gedung Bhinneka Eka Bhakti, Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Acara Sertijab tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/290/III/2022 tanggal 31 Maret 2022 dimana Kolonel Pas Dodi Irawan selaku Danmen Chandra Akademi TNI yang lama dimutasi menjadi Paban Renlat Ditlat Kodiklat TNI. Selanjutnya sebagai pejabat Danmen Chandra Akademi TNI yang baru adalah mantan Dosen/Patun Sesko TNI Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H., PG.Dipl., M.Han.

Kemudian Kolonel Inf M. Yahya, SAP selaku Paban Opsdik Ditdik Akademi TNI yang lama dimutasi menjadi Pamen Mabes TNI AD dan digantikan oleh Kolonel Inf Zulkifli, S.I.P. Sementara Kolonel Laut (S) Suprihandono mantan Paban Renproggar Ditum Akademi TNI dimutasi sekaligus bertukar jabatan dengan Kolonel Laut (S) Erjawan yang sebelumnya menjabat sebagai Paban VIII/Sisbang Slog TNI.

Yang cukup menarik perhatian dalam acara Sertijab kali ini adalah deretan prestasi yang dimiliki oleh Danmen Chandra Akademi TNI yang baru Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H., PG.Dipl., M.Han. Ia adalah lulusan terbaik Sesko TNI pada tahun 2020 dan baru-baru ini ia juga berprestasi sebagai perwira siswa mancanegara yang meraih penghargaan karya tulis terbaik yaitu peraih Dean of Academic Affair Awards di Joint and Combined Warfighting School, Joint Force Staff College, National Defense University (NDU), Amerika Serikat.

Lembaga pendidikan tersebut merupakan salah satu institusi bergengsi bukan saja di negara AS bahkan di level internasional. Berangkat dari prestasi-prestasi tersebut, tentunya Pimpinan TNI memiliki kepercayaan dan harapan yang besar terhadap Danmen Chandra Akademi TNI yang baru agar dapat memberikan bekal yang optimal kepada para taruna calon kader pimpinan TNI – Polri di masa yang akan datang.
 
Akademi TNI merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI, berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan dipimpin oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI yang bertugas menyelenggarakan Pendidikan Pertama Perwira TNI yang bersifat Integratif dalam rangka menyiapkan kader pimpinan TNI. Dalam implementasinya, maka Menchandra Akademi TNI adalah Badan Pelaksana Pendidikan Integrasi TNI – Polri Tahap I serta Pendidikan Integratif TNI Tahap II, yang terdiri dari 3 (tiga) Batalyon Taruna dan 1 (satu) Detasemen Taruni.

Dalam Pendidikan Integrasi TNI – Polri Tahap I, Menchandra bertugas menggembleng dan membentuk Calon Prajurit Taruna (Capratar) menjadi Pratar Akademi TNI dan Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) menjadi Bhatar Akademi Kepolisian selama 3 (tiga) bulan. Selanjutnya para Pratar Akademi TNI masih akan mengikuti pendidikan lanjutan tahap ke-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sertijab adalah Danjen Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari, S.IP., M.Si dan dihadiri oleh Wadanjen Akademi TNI Mayjen TNI Kukuh Surya Sigit Santoso, para Direktur Akademi TNI dan seluruh Paban Akademi TNI, serta dihadiri pula oleh Ibu Ketua IKKT PWA Cabang BS IV Akademi TNI Ibu Baiq Dewi Komalasari Bakti AF beserta pengurus lainnya. (Pen Akademi TNI)