oleh

Masyarakat Tampiala Tolitoli – Telah Nikmati Air Bersih

Toli-toli, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Program pembangunan Kabupaten Toli-toli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), sesungguhnya begitu beragam. Semua nampak diseiramakan dengan visi misi daerah. Termasuk pembangunan di lingkup ke-PU-an Bidang Ciptakarya,  yang telah beberapa kali coba dipublis CBN.

Salah satunya, keberhasilan pembangunan
sarana air bersih di Desa Tampiala, Kecamatan Dampal Selatan, dimana masyarakatnya hari ini sudah bisa menikmati air bersih.

Kadis PUPR Toli-toli Ir H Fajar Suko Syuhadha, MT menjelaskan, saat dikonfirmasi CBN baru-baru ini di Toli-toli. Bahwa apa yang menjadi kerinduan dan kebutuhan masyarakat di sana sudah terpenuhi. “Secara azas manfaat terkait kebutuhan air bersih sudah terpenuhi,” kata Fajar Suko Syuhadha.

Penelusuran CBN baru-baru ini ke Tampiala bahwa air sudah bisa diakses hingga ke rumah-rumah penduduk.

Pembangunan sarana ir bersih Broncaptering Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Desa Tampiala tersebut, sangat memenuhi kualalitas mutu. “Vahjab sebelumnya tekah diuji lapangan oleh tim dari Dinkes Toli-toli,” ungkap Ten, salah satu penduduk sekitar yang dimintai CBN.

Memang diatas Tampiala sebut Ten, ada sumber mata aur panas. Semula dikhawatirkan akan mengurangi kualitas air lantaran belerangnya. “Tapi setelah diuji langsung berkumur dan dikecap, sama sekali rasa air tidak tercampur unsur lain,” kata Ten.

SPAM Desa Tampiala sendiri dibangun dengan anggaran APBD tahun 2021. Diawasi ketat Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli Bidang Ciprakarya. Nilai anggarannya lebih kurang. Rp. 1.7 Miliar. Pelaksananya, CV Hidup Bersama. Dari sumber mata air baku, proyek tersebut dibangun sepanjang sekitar 11 KM hingga airnya mengalir deras melalui kran–kran sampai ke rumah para pengguna.

SPAM atau Sistem Penyediaan Air Minum sendiri adalah sistem yang mengurusi proses penyediaan air minum. Mulai dari perencanaan sumber air baku secara kualitas maupun kuantitas. Juga, transmisi air baku dari intake (sumber air baku) ke instalasi pengolahan air (IPA). SPAM menerapkan teknologi Instalasi Pengolahan Air/ IPA yang efektif.* jay

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed