Ampana, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) Keberadaan Pelabuhan Pasokan, Kecamatan Walea Besar (Wabes) dan Pelabuhan Popoli’i Kecamatan Walea Kepulauan (Wakep), Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), memiliki peran penting sebagai penyangga Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ampana.

Mengapa? Karena Pelabuhan Pasokan dan Popoli’i, masuk dalam sistem pelayanan UPP Kelas III Ampana. Juga, adalah bagian tidak terpisahkan dari rute yang disinggahi Kapal Sabuk Nusantara sebagai tol laut dan juga kapal perintis untuk menghubungkan dua provisi bertetangga yakni, Sulawesi Tengah
(Sulteng) dan Provinsi Gorontalo maupun wilayah-wilayah yang dilaluinya.

Artinya, adanya Tol Laut selama ini telah menjadi “jembatan penghubung” yang melancarkan arus barang, jasa, penumpng serta hasil bumi dengan jenis dan jumlah tertentu, hingga bisa menjangkau pasar.

Demikian penjelasan Kepala Wilker Pelabuhan Pasokan dan Popoli’i, Mihtanur L kepada CBN di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Ampana, Jum’at (22/4).

Menurut Mihtanur saat ditemui CBN, ia tidak berada di Pasokan ataupun Popoli’i, lantaran undangan pimpinan untuk menhadiri rapat koordinasi.

CBN sendiri bertemu Mihtanur usai momen rapat. Namun dari Mihtanur yang akrab dipanggil Oneng menggambarkan, inti rapat adalah membahas angkutan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun 2022. Bagaimana agar dimomen Idul Fitri pelayanan kepelabuhanan serta moda transportasi laut, bisa beroperasi lancar, aman dan terkendali. “Artinya pelayanan dioptimalkan juga dimaksimalkan, agar lancar sesuai yang diharapkan,” ungkap Mihtanur.

Rapat koordinasi sendiri sebut Mihta, dipimpin langsung Kepala UPP Kelas III Ampana Haswar M, SE, MM.

Hadir dalam rapat tambah Mihta, dari Polair Polda Sulteng dan Polair Polres Touna. Juga pihak Kantor Syahbandar, AL, Dinas Perhubungan, Karantina, agen dan juga para pemilik kapal.

Kembali ke Pelabuhan Pasokan dan Popoli’i jelas Mihtanur, selain disinggali Kapal Sabuk Nusantara GT 1.169, juga Kapal Perintis bertonase 1.258 GT. Satu kapal Pelra lainnya yang melayani rute Ampana Popoli’i dan antar pulau adalah KM Wambura-bura GT 65.* jay – bersambung