Atas – Kapolsek Tojo AKP. Murlan Tarifuddin.

Tengah : Urutan Kathutla di Tojo. Punggung Gunung Tongku setelah api padam.

Bawah : Saat pemadaman kebakaran oleh personel Polsek Tojo di Desa Tayawa dan Korondoda.

laporan : darmasita s.

Touna, Sulteng – Cakrabhayangkaranews.com (CBN) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Wilayah Tojo, Kabupaten Tojo Una-una (Touna), Sulawesi Tengah (Sulteng). Senin (18/9/2023), sekitar pukul 10.30 waktu setempat, api membakar padang Desa Tongku.

screenshot 20230918 190932 1
Bripka Putu Radiasa saat berjibaku di lokasi

Informasi diterima Redaksi CBN dari warga Desa Tongku Nurdin Binangkari melalui gambar visual, saat titik api pertama terlihat sebelum sempat menyebar. Informasi dari Nurdin, dibenarkan oleh Kepala Desa Tongku Abd. Rahman Ulaya. Dia menyebutkan bersama-sama dengan masyarakat Tongku, segera menuju lokasi kejadian sambil menunggu Tim Ops. Karhutla dari Polsek Tojo.

screenshot 20230918 190334 1
Moment pemadaman di Desa Tayawa

Api yang membakar kawasan padang ilalang dan sekitarnya di Desa Tongku, Kecamatan Tojo terjadi 10.30 wita pagi. Saat kebakaran di Tongku, bertepatan Tim Ops. Karhutla Pos Tojo yang bermarkas di Mapolsek Tojo Polres Tojo Una-una lagi berpatroli. Maka, setelah mendapat laporan warga setempat Tim Reaksi Cepat (TRC) itu menuju tempat kejadian. Tiba di lokasii, Tim Ops. Karhutla bersama masyarakat setempat, mampu menaklukan si jago merah yang membakar padang ilalang dan sekitarnya. “Tim gabungan, dibantu TNI – POLRI bersama masyarakat setempat, berhasil memadamkan api di kawasan dua hektar dalam waktu dua jam, jelas Bripka Putu Radiasa melalui Telp WhatsApp jam 13 .00 wita. “Api kita padamkan selama kurang lebih dua jam, di tempat kejadian dengan kondisi medan berbukit dan sebagian dataran landai,” papar Bripka Putu Radiasa.

screenshot 20230918 190427 1
Tim Gabungan Ops. Karhutla Pos Tojo usai pemadaman di Desa Tongku masih sempat bersiaga sambil rehat sejenak

Putu menyebutkan pula, setelah berhasil memamkan api yang melalap padang Tongku dan sekitarnya, tim Ops Karhutla Pos Tojo masih siap siaga di Desa Tongku. “Usai pemadaman hingga sore hari kami masih siaga. Apabila situasi aman, tim Ops. Karhutla Pos Tojo kembali di Markas Polsek Tojo,’ jelas Bripka Putu Radiasa.

Diapun menambahkan, respon masyarakat setempat siap-siaga dan terkoordinir langsung oleh kepala Desa Tongku Abd. Rahman Ulaya. Masyarakat katanya, cukup respon untuk mengambil tindakan pengendalian dan pencegahan atas karhutla, dan terlihat aksi nyata di tempat kejadian,” punkasnya.

screenshot 20230918 190412 1
Mobil tangki air BPBD Touna disiagakan untuk membantu operasi saat terjadi Karhutla

Waktu bersamaan terjadi pula Karhutla di Desa Tayawa dan Desa Korondoda, ungkap Kapolsek Tojo AKP Murlan Tarifuddin via WhatsApp kepada CBN. AKP Murlan menyebutkan bahwa kebakaran di Desa Tayawa dan Korondoda terjadi pada saat anggota personel Polsek Tojo melakukan patroli. Kebakaran tersebut di lahan pertanian warga setempat. “Tapi, api dalam waktu singkat dapat dipadamkan,” sebut Kapolsek .

Hingga berita ini naik tayang belum diketahui penyebab kebakaran dari tiga tempat kejadian* dar

Share :