img 20240625 wa0034

CBN, Jakarta – Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., melaksanakan peninjauan ke daerah Latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Peleton Yonkav 8/NSW/2 Kostrad di Pusat Latihan Tempur Marinir Karang Tekok, Baluran, Situbondo. Peninjauan ini didampingi oleh Asisten Operasi dan Asisten Logistik Kasdivif 2 Kostrad. Rabu (19/6/2024.

Setibanya di Puslatpur Marinir, Pangdivif 2 Kostrad disambut hangat oleh Danyonkav 8/NSW Letkol Kav Nuril Ambiyah, S.H., M.I.P., serta Danpuslatpur Marinir 5 Mayor Mar Iskandar Muda. Setelah menerima paparan singkat mengenai pelaksanaan latihan, Mayjen TNI Anton Yuliantoro segera meninjau serangan manuver Tank Leopard mulai dari DP, serangan hingga konsolidasi dari Titik Peninjauan (T.12).

img 20240625 wa0030
img 20240625 wa0030

Tidak hanya itu, Pangdivif 2 Kostrad beserta rombongan juga menuju ke titik penembakan. Di sana, beliau mendapat penjelasan singkat tentang cara menembak Meriam Leopard buatan Jerman. Mendapat tantangan dari Komandan Batalyon untuk menembak Meriam Kavaleri, Panglima dengan percaya diri menerima tantangan tersebut. Dengan cepat, beliau bersiap dan memasuki ruang penembakan Leopard. Hanya dalam waktu lima menit, terdengar suara ledakan “Booooooommmm” yang diiringi tepuk tangan meriah dari seluruh prajurit. Target sasaran hancur lebur, menunjukkan tantangan berhasil diselesaikan dengan sempurna.

Ketepatan tembakan Panglima berbuah manis, dan Komandan Batalyon Kavaleri 8/NSW Letkol Kav Nuril Ambiyah memberikan kejutan dengan menganugerahkan brivet kehormatan Yudha Bramasta Wiratama serta topi kehormatan prajurit Kavaleri. Ini menjadi simbol penerimaan hangat dari warga Korps Kavaleri Angkatan Darat, khususnya keluarga besar Yonkav 8 Nara Singa Wiratama.

img 20240625 wa0032
img 20240625 wa0032

Setelah itu, Panglima berfoto bersama seluruh prajurit dan memberikan pengarahan. Beliau menekankan pentingnya pemeliharaan alutsista dan latihan berkelanjutan. “Alutsista ini harus dipelihara dengan baik supaya ketika suatu saat kalian mendapatkan tugas latihan atau tugas operasi sebenarnya, kalian dapat melaksanakannya dengan baik dan berhasil tentunya, terus laksanakan latihan agar kalian menjadi prajurit yang semakin profesional,” pesan Mayjen TNI Anton Yuliantoro.
.
Selama peninjauan, kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan lancar. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

Share :