1700973991169

 

screenshot 20231126 115936 1

screenshot 20231126 115945 1
MalangCakrabhayangkaranews.com (CBN) – Peduli kebersihan sungai, Babinsa Koramil 0833/03 Blimbing, Kelurahan Jodipan, Serda Agus Bersama GAS (Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen), DLH, Kader Lingkungan dan warga bergotong royong membersihkan Sungai Brantas yang melewati wilayah di RW.06, Kelurahan Jodipan.

Bertempat di RW. 06 Jl. Ir. H. Juanda (Jodipan Wetan Gg. 1 & Gg. 3), Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Minggu (26/11/2023).

screenshot 20231126 115938 1
Kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membersihkan sampah yang ada disepanjang bantaran sungai agar aliran air lebih lancar. Apalagi dalam beberapa hari ini sering dilanda hujan deras sehingga dapat memicu luapan air yang bisa berpotensi banjir dikarenakan debit air yang tinggi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan, aliran air semakin lancar. “Karena sampah dan semak belukar serta sedimen tanah yang ada di bantaran sungai Brantas, sudah dibersihkan oleh warga bersama Babinsa secara bergotong royong,” jelas Serda Agus.

Babinsa juga mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai, agar tidak membuang sampah ke sungai yang dapat menyumbat jalannya air ketika hujan turun. “Hal ini diperlukan kesadaran dan perhatian warga yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut,” tutur Babinsa.

screenshot 20231126 115943 1
Pihaknya bersama unsur aparatur pemerintah yang lain kata Serda Agus, terus berupaya menghimbau dan memberikan edukasi kepada masyarakat baik dangan cara sosialisasi kebersihan lingkungan maupun dengan cara memasang pamflet imbauan di tempat tertentu. Ini guna mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai dan mandi di sungai serta lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Kita wajib menjaga kebersihan sungai yang merupakan tugas kita bersama. Harus di tanamkan disetiap individu kita. Pencemaran sungai dengan membuang sampah ke sungai dapat merusak ekosistem dan dapat menghambat lajunya aliran air dan salah satu penyebab terjadinya banjir. “Kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap kebersihan sungai demi menjaga kelangsungan ekosistem lingkungan sampai ke anak cucu kita nanti,” jelas Serda Agus.

screenshot 20231126 115951 1
Sementara Lurah Jodipan Widya Dwi Wicana S.AP juga mengajak masyarakat, agar sama sama menjaga kebersihan untuk mencegah banjir pada aliran sungai yang sudah memasuki musim penghujan. “Ini yang dilakukan oleh aparatur Pemerintah Kelurahan Jodipan dengan Babinsa sudah cukup maksimal demi terciptanya lingkungan yang bersih,” kata Lurah Jodipan.

Namun sambung Lurah, kepedulian dan kesadaran masyarakat itu sendiri jauh lebih efektif dalam menjaga kebersihan dilingkungan khususnya kebersihan sungai. “Dengan cara tidak membuang sampah ke sungai demi kepentingan kita bersama,” jelasnya.* cdr

Share :