Ngawi, CBN – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Kodim 0805/Ngawi menggelar upacara yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan ASN di Lapangan Upacara Makodim, Jl.Ja Suprapto, No 01, Ngawi, Minggu (01/10/2023).

Kegiatan upacara ini dipimpin langsung oleh Dandim 0805/Ngawi, Letkol Arm Didik Kurniawan,S.I.P., dan diikuti oleh seluruh Prajurit dan ASN Kodim Ngawi.

Sebagai informasi, ketika ditemui sehabis pelaksanaan Upacara, Dandim 0805/Ngawi, Letkol Arm Didik Kurniawan, menyampaikan bahwa, Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

img 20231001 wa0039

Lebih lanjut, Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu peringatan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa sejarah ini berkaitan dengan tragedi gerakan 30 September, atau biasa dikenal dengan nama G30S/PKI.

Ia juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini, yakni untuk memperkuat kesetiaan sebagai Warga Negara agar selalu mencintai Pancasila, sebagai Dasar Negara Indonesia. Karena, Pancasila merupakan Ideologi Negara, yang harus selalu dijunjung tinggi.

Selain itu, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa.

img 20231001 wa0038

“Kita sebagai generasi penerus bangsa, berkewajiban untuk tetap mempertahankan Bangsa Indonesia,”

 “Lalu, jika kita bisa mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan bangsa Indonesia,”

“Maka, tidak ada ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti upacara bendera setiap 01 Oktober, karena, hal tersebut adalah satu wujud mencintai tanah air dan bangsa,” pungkasnya.

Pudi – Pendim 0805

Editor: R.A – CBN

Share :