oleh : jaya marhum

Menyambut datangnya 2024 dan Menutup Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 31 Desember, bagi seluruh keluarga besar Media Online dan Cetak Nasional Cakrabhayangkaranews.com (CBN)  sangat spesial. Artinya, moment “Tutup Tahun” 2023, tidak hanya menjadi “begitu khusus” bagi seluruh penghuni dunia, karena ini sekaligus juga timing menyambut datangnya Tahun Baru 2024 saat dentang waktu 00.01 berlaku pada masing-mading zona di seluruh kisi bumi.

Bagi seluruh insan CBN secara berjenjang di seluruh tanah air, Tahun Baru 2024 tidak sekadar meng-combine suka cita, sujud syukur dan hati ceria. Tahun 2024 bagi jajaran CBN juga untuk menuju suatu perubahan — sekali lagi — hari ini harus lebih baik dari kemarin dan besok juga harus lebih baik lagi dari hari ini. “Yang rusak kita perbaiki dan yang kurang harus kita tambah”. Tentulah dengan catatan, di tahun 2024 harus lebih dewasa, solid dalam kebersaamaan serta mampu menciptahan kerja dan kinerja terukur, bertanggung jawab, dengan karya-karya jurnalistik berkualitas.

Pembaca budiman, kali ini bagi CBN merupakan “Kado Terindah” akhir 2023 dan awal Tahun 2024. Saat mencoba memutar kembali “jarum waktu” ke 28 Oktober 2015, dimana ketika , “jabang bayi” yang diberi nama Media Cetak Nasional Cakranhayangkaranews.com atau CBN, lahir.

CBN yang dibangun dengan sebuah semangat “Pantang Menyerah” telah pernah merangkak, berjalan — dari tertatih — dan kemudian belajar untuk berlari-lari kecil. Hingga kini ia mulai bisa sesekali melompat diusia yang baru menjadi bocah menjelang “remaja”.

screenshot 20231231 215751 1
CBN telah mencoba menjangkau inovasi dan juga melewati rintangan-rintangan. Dan waw, ia ternyata mampu mengatasinya.

Catatan ini didedikasikan buat seorang yang begitu berjasa tetap menjaga tonggak CBN tetap berdiri. Ia adalah Romi Marantika, Pemred CBN yang selalu tampil seadanya dan — juga — apa adanya dalam pergaulannya sebagai seorang jurnalis sejati.

“Pahit Manis” mempertahankan ritme cetak dan tayang, hingga CBN tetap bertahan dalam debutnya sebagai media yang mulai mendapatkan nama. Ya — sekali lagi — itulah yang telah diperjuangkan Romi, hingga wajar apresiasi plus disematkan kepadanya. Semangat Romi yang tak pernah pupus, dalam usaha membuat CBN tetap eksis, dengan usaha merentangkan sayap yang lebih lebar dan kibaran benderanya yang dinaikkan makin tinggi.

CBN dengan manajemen yang — dibuat — makin solid memang ingin hadir untuk kuat, ditengah pembaca setianya yang pada 15 Desember 2023 mencapai view 24.000. Juga pada tanggal 14 bulan yang sama wiewnya 16.859 serta tanggal 13 — masih di Bulan 12 — viewnya diangka 13.728.
Bagi Teras dan Manajemen Redaksi, capaian itu, hendaklah dijadikan motivasi untuk lmembuat karya-karya yang bisa survive namun kompetitif.

screenshot 20231231 215745 1
Wajar rasanya capaian -capaian itu untuk dibanggakan dan disyukuri seluruh jajaran CBN. Sebab, pada tahun 2022 view tertinggi yang dicapai, hanya bisa menohok angka 12.000.

Untuk jajaran secara berjenjang mulai dari Teras Redaksi, HUT CBN ke-8 tanggal 28 Oktober 2023, memang masih terasa resonansinya. Apalagi mengantar usianya menuju satu dekade, CBN terus melakukan penataan menuju perubahan yang lebih baik.

Recovery yang dilakukan manajemen pusat baik untuk membangun struktur dan kelembagaan yang kuat dan juga “Dapur Redaksi”, tersinergi dengan memoratorium jajaran secara berjenjang. Terutama pada tingkat wilayah yang ditnggung jawabi oleh seorang Kaperwil. Demikian pun dengan Biro-biro yang dipimpin seorang Kepala Biro atau Ka. Biro serta wartawan yang telah teruji dedikasinya dalam “Pasang Surut” perjalanan CBN mewarnai sajian jurnalistik online maupun cetak, di panggung pers Indonesia selama ini dalam persaingan yang sehat.

screenshot 20231231 215646 1
Bahwa upaya-upaya perbaikan itu juga mencakup legalitas yang sudah dibaharui dalam beberapa kali tahapan. Ini tidak lepas dari tangan dingin Romi Marantika, dimana dalam lima tahun belakangan telah merangkul person-person yang berdedikasi tinggi terhadap.perkembangan CBN. Salah satunya Cecep H. Tatang yang menempati posisi Pemimpin Umum (Pimum), serta Design Grafis Anton Ibrahim yang duduk di kursi Sekretaris Redaksi.

Romi juga menggandeng pihak-pihak terkait dalam manajemen CBN mulai unsur pembina kebawah, yang tidak dapat disebut satu persatu. Nama-nama ini dapat dilihat dalam susunan box Redaksi Cakrabhayangkaranews.com.

Terakhir, dari jajaran dan Keluarga Besar CBN menitip “Salam Santun” mengantar Tahun 2023 dan menyambut bahagia dan hangat Tahun Baru 2024 dengan Semangat Baru dan Harapan-harapan Baru, bersama awak-awak baru.* – penulis : wakil pemimpin redaksi cbn

Share :